Disukai
0
Dilihat
417
Rahmat Insekyur
Romantis

Ola, Pembaca!

Nama gua Deni, alias Dens, bestinya Rahmat si anti-feminis.

Gua ada pertanyaan: “Kenapa, ya, insekyuritas itu harus ada? Padahal rasa ‘insecure’ (insekyur) itu gak guna-guna amat dalam hidup”.  

Untuk jawab pertanyaan di atas, kali ini gua bakal cerita lagi soal Rahmat, temen ngehe yang pernah gua ceritain sebelumnya. Tapi tenang, kali ini gua serius. Apa yang bakal gua ceritain tuh bener kejadian. Gua gak ngadi-ngadi kayak sebelumnya. Dan gua 100% sadar, gua NGGAK mabok pas nulis ini.

 (Oke, masuk ke cerita). Gua pernah bilang kalo Rahmat itu badut tongkrongan, celetukan dan tingkah doi sering bikin orang ketawa. Orangnya asik, sampe-sampe slogan rokok “Gak Ada Lo, Gak Asik” itu pas buat deskripsiin doi; gak ada doi, ada yang kurang lah pokoknya. Cuman, selain becandaan cabulnya, ada satu hal dari doi yang kadang bikin cewek-cewek gemes ilfil: doi suka ngomong jorok.

Saat gua nulis cerita ini, Rahmat udah punya gelar berawalan ‘M.’ alias udah lulus S2, tapi mulutnya kagak pernah lulus SD. Dan itu dari dulu, dari SMP mulut beliau emang sampah, isinya cuma umpatan, makian, umpatan, makian, dan umpatan. Bahkan, hampir semua kalimat Rahmat ke gua tuh pasti diakhiri ‘anjing’, ‘bangsat’, ‘kontol’, ‘memek’, dan semacamnya.

Gua sama Rahmat satu sekolah pas SMP doang, tapi sampe doi kuliah doi masih sering dateng ke komplek gua buat nongko sama anak-anak. Fyi, banyak temen gua yang kayak gini karena di komplek gua itu banyak banget cowok sebaya, orangnya asik-asik, dan setia kawan.

Selama gua kenal Rahmat, setau gua, doi gak punya cerita istimewa yang layak ditulis, dunia percintaan doi pun gak sedramatis si Akew. Tapi, beberapa hari sebelum gua nulis cerita ini, gua baru tau kalo Rahmat punya kisah cinta yang layak diceritakan.

Soal cewek, Rahmat ini kayak orang pada umumnya: deket, pacaran, putus, suka cewek baru, deket lagi, pacaran lagi, putus lagi, dst. Doi punya banyak mantan karena si bangsat ini emang lumayan secara paras dan jago banget main futsal, sampe-sampe doi ampir aja jadi pemain profesional. Dan karena sering latihan sebagai olahragawan, fisik doi pun bagus; mungkin Rahmat tuh satu-satunya cowok yang punya badan kotak-kotak di tongkrongan komplek gua. Fyi aja, mantan-mantan doi semuanya bisa diadu dan gak kalah soal mekanik, alias gemes-gemes banget. Entah apa yang mereka liat dari Rahmat bermulut sampah.

Beberapa sebelum gua nulis cerita ini, Rahmat nelpon gua malem-malem, ngajak nongkrong. Dan gua iyain. Jadilah kami ketemuan di salah satu tempat kopi yang isinya banyak ughti-ughti gemes.

Karena Rahmat yang milih tempat itu, gua tau doi pengen cuci mata, syukur-syukur dapat mangsa. Tapi, sejak doi sampe di tempat kopi itu, muka doi kusemnya ampun-ampunan. Keliatannya doi lagi banyak masalah. Karena itu, sebagai temen yang baik, pas ada ughti gemes yang tertangkap mata, gua ngomong, "Mats, lumayan tuh."

Ngehenya, dengan muka kusem, doi cuman nengok bentar ke si ughti gemes terus ngomong sambil manyun, "Yoi. Lu sikatlah, Ngentot!"

"Gua Kristen, Anjing!"

Doi ketawa tipis.

"Lu kenapa, sih?"

Doi diem.

Gua gak lanjut nanya. Kami lantas diem-dieman selama 10 menit sampe doi ngomong, “Den, Mbak Vivi masih mau nerima curhat, gak?”

“Hah?” Gua kaget. Untuk cowok seumur kami, curhat soal cinta itu bisa dibilang hal yang tabu, apalagi ke kakaknya temen yang udah nikah. Selain itu, sebelumnya Rahmat ini gak pernah curhat ke Mbak Vivi (kakak gua), beda kayak temen gua yang lain. Dulu, setelah Akew cerita ke orang-orang kalo Mbak Vivi itu si ‘bijaksana cinta’, banyak temen gua yang akhirnya curhat ke Mbak. Jadilah Mbak Vivi si dokter cinta mereka, apalagi selama gua SMA, karena waktu itu Mbak Vivi lagi kuliah Psikologi.

“Lu mau curhat ke Mbak gua, Mats?”

“Ho-oh.”

Gua diem.

“Gua harus curhat sama orang. Sekarang gua bener-bener bingung harus gimana, Kontol!”

“Curhat apaan?”

“Soal cewek yang gua suka, Kontol.”

“Lu serius? Lu kan gak pernah curhat sama Mbak Vivi.”

“Kali ini bingung banget, Anjing. Dunia kayak memek. Bingung gua.” Walaupun kalimat doi penuh umpatan, suara Rahmat kedengeran kayak kucing melas pas ngomong ini.

Denger intonasi suara doi, gua kasian. Ini pasti masalah berat banget. “Mbak gua bukan Psikolog, Mats.”

“Tapi Mbak Vivi kuliah Psikologi kan, Bangsat?”

“Iya, sih.”

“Gak apa-apa, daripada gua pendem ini sendiri. Gua gak kuat lagi, Ngentot! Dunia kontol!”

Karena doi udah maki-maki dunia dua kali dan tampangnya makin kusem, gua langsung nelpon Mbak Vivi. Dan saat gua kasi tau kalo ada temen gua yang mau curhat, Mbak juga kaget, udah sekian lama gak ada temen gua yang curhat. Tapi Mbak bersedia. Dan karena Rahmat mohon-mohon ke gua supaya doi bisa ketemu Mbak Vivi malam itu juga, Mbak bersedia. Tapi Mbak dan suaminya baru balik ke rumah mereka rada malem. Jadilah gua harus nemenin Rahmat yang galau di tempat kopi penuh ughti gemes.

Selama beberapa saat suasana agak canggung di antara gua sama Rahmat. Gua pengen nanya lebih, tapi gak enak, jadilah kami diem-dieman lagi selama 10 menit. Saat hening itu, tiba-tiba ada ughti cantik yang masuk ke tempat kopi, cantik banget, sampe perhatian beberapa cowok di situ—termasuk gua—langsung ketarik sama doi, apalagi di tangan ughti itu ada gambar tato warna coklat kemerahan. Gua pernah liat ughti-ughti gemes yang ngegambar tangannya kayak gitu di nikahan orang, dan setelah nyari info di Google gua akhirnya tau kalo seni ngegambar tangan itu namanya ‘henna’, sebuah tradisi dari Timur Tengah. Karena gua pengen tahu lebih lanjut soal tradisi itu, nanyalah gua ke Rahmat, itung-itung nyairin suasana. “Mats, kenapa banyak cewek pake henna pas nikahan?”

Denger pertanyaan gua, doi yang lagi nunduk tiba-tiba angkat muka terus natap gua, terus nunduk lagi.

Canggung lagi.

Saat itu gua tau gua ada salah ngomong. Tapi, karena gua mulai bosen diem-dieman, gua asal ngomong aja, “Eh, Ngentot! Lu ngajak nongkrong apa meditasi nih?”

Doi angkat muka lagi, tapi gak langsung jawab, malah celingak-celinguk ngeliat seisi ruangan, baru natap gua. “Widi mau nikah, Den.”

“Widi siapa, Anjing?”

“Widya Ningsih.”

“Siapa itu?” Itu pertama kalinya gua dengar nama Widi alias Widya Ningsih.

“Temen kuliah gua.”

“Kita kan gak satu kampus, Anjing! Mana gua tau siapa itu Widi.”

Doi diem.

“Terus masalahnya apa kalo temen kuliah lu nikah?”

“Gua sayang sama dia, Dens.”

Gua gak tau harus ngomong apa. Diem-diemanlah kami sampe Mbak Vivi nelpon gua dan bilang kalo Mbak udah di rumah.

Sepanjang jalan ke rumah Mbak Vivi, gua sama Rahmat masih diem-dieman. Gua sebenarnya kepo soal Widi ini, banyak yang pengen gua tanya ke Rahmat, tapi gua gak punya keberanian itu. Entahlah. Gua ngerasa, untuk cowok seumuran kami, curhat soal cinta ke sesama cowok itu kayak lu bilang ke orang-orang kalo kontol lu kena sifilis. Gua bukannya pengen bikin stigma tertentu, tapi itu yang gua rasain selama ini. Gua ngerasa cowok itu terlahir untuk mendem segala sesuatu tentang perasaannya, apalagi soal cinta. Lu jadi cowok, lu harus siap mendem banyak hal di dalam hati lu. Contoh aja, waktu lu putus sama cewek yang lu sayang banget, lu gak mungkin nunjukkin ke orang-orang, apalagi ke temen-temen cowok kalo lu lagi galau, karena lu pasti dicengin: “Alah! Lemah lu, Ngentot!” Jadi, mau gak mau, lu pendem perasaan lu sendiri.

 

Sampe di rumah Mbak, gua langsung ngerokok sama Bang Gabriel alias Bang Gab (suami Mbak Vivi) di samping rumah, sementara si Rahmat gua tinggalin di ruang tamu berduaan sama Mbak. Bang Gab udah tau kalo dulu banyak temen cowok gua yang emang deket sama Mbak karena Mbak itu dokter cinta buat mereka, jadi gak masalah buat Bang Gab biarin istrinya berduaan sama temen cowok iparnya.

Sejujurnya gua pengen banget gabung sama Mbak Vivi dan Rahmat di ruang tengah, tapi seperti yang gua bilang sebelumnya, gak etis cowok dewasa dengerin curhatan cowok dewasa lainnya. Gua gak pengen Rahmat gak nyaman ngobrol kalo ada gua di sana waktu doi lagi curhat.

Sekitar setengah jam Mbak Vivi dan Rahmat ngobrol, tiba-tiba kedengeran tangisan cowok dari ruang tengah. Dan Bang Gab langsung nanya, “Itu temen kamu nangis? Dia ada masalah apa, Den?”

“Biasa, Bang, cinta.”

Bang Gab ketawa sambil geleng-geleng kepala.

Gua ikut ketawa. Seolah-olah kami lagi ngatain cupunya Rahmat yang nangisin cinta. Gua kasian sama Rahmat, dan gua yakin Bang Gab juga sama, tapi tetep aja, kami harus ketawa kalo ada cowok yang nangis karena cinta. Ibaratnya, dalam hati kami iba tapi yang keluar dari mulut kami: “Alah! Lemah lu, Ngentot!”

Singkat cerita, abis sesi curhat sama Mbak Vivi, Rahmat ngajak gua balik ke komplek gua buat mabok di samping warung Mang Aju, markas nongki anak-anak komplek.

Awal-awal nongki di markas, gua sama Rahmat masih nahan gengsi. Gak ada yang bahas soal tangisan di rumah Mbak sebelumnya. Gelas amer pertama sampe gelas amer keempat, gua cuma dengerin Rahmat muji Mbak Vivi dan Bang Gab, kata doi, “Mbak lu itu orang baik. Suaminya juga.” Abis muji-muji Mbak Vivi, doi muji gua, “Dens, lu juga orang baik. Kita temenan udah lama. Gua kenal lu, Dens. Lu temen terbaik yang pernah gua punya, Dens. Sumpah. Gua gak bohong, Dens.” Saat doi ngomong ini, gua tau Rahmat udah kena sengatan amer. Fyi, orang kalo udah mabok tuh beda-beda, ada yang rese, ada yang banyak omong, ada yang gampang tersinggung, ada yang sok jagoan, dan ada juga yang muji-muji. Rahmat terkategorikan yang terakhir. Sekian menit gua abis cuman buat denger doi muji-muji gua sambil ngangguk-ngangguk.

“Kalo aja gua gak kenal lu, mungkin hidup gua ancur-ancuran, Dens. Untung ada lu sama Mbak Vivi. Hidup gua bakal ancur-ancuran, Dens. Ancur, Dens. Gua gak tau gimana lagi hidup gua tanpa Widi, Dens.” Abis itu Rahmat bengong.

Sebenarnya gua pengen nanya lebih lanjut. Tapi lagi-lagi, gua gak enak nanya urusan cinta ke temen cowok. Karena itu gua isi gelas gua lagi dan langsung nelen amer itu, gelas kosong, gua isi lagi, dan nelen lagi. Abis itu gua nunggu pusing. Kalo gua belum mabok juga, gua bakal nelen lagi. Gua yakin, kalo mabok gua pasti berani nanya soal Widi, dan Rahmat pasti curhat kalo kami udah sama-sama mabok. Sekian menit, gua mulai pusing, tapi gua masih belum berani. Gua isi lagi gelas gua.

Baru aja gua mau nelen, tiba-tiba, “Gua sayang banget sama Widi, Dens,” kata Rahmat.

Denger itu, gua gak jadi nelen. Gua langsung nepuk pundak Rahmat. Dan detik itu juga, kata demi kata tentang Widi keluar gitu aja dari mulut Rahmat.

 

(Nih cerita Rahmat!): Setelah lulus SMP bareng gua, Rahmat milih masuk ke SMA yang tim futsalnya jago. Dan karena dia juga jago, Rahmat berhasil masuk ke tim futsal SMA-nya. Ini bikin doi populer. Kira-kira awal kelas 3 SMA, doi pacaran sama Rosa—salah satu cewek hits di SMA itu. Hubungan mereka bertahan sampe lulus, karena itu mereka juga masuk ke kampus yang sama, dan satu jurusan pula. Kata Rahmat, karena mereka masih muda, tolol, dan gak mau pisah, maka Rosa ikutan aja kuliah di tempat yang sama.

Di kampus dan jurusan yang sama ternyata bukan cuman mereka berdua yang asal SMA-nya sama, ada juga Widya alias Widi. Karena satu SMA, jadilah Widi dan Rosa sahabatan pas kuliah. Padahal, waktu SMA mereka gak deket-deket amat karena Rosa tuh anak hits sementara Widi itu ughti baik.

Menurut cerita Rahmat, waktu SMA Widi tuh biasa aja, kayak ughti-ughti baik lainnya, rajin belajar, taat ibadah, dan secara fisik biasa aja. Karena itu Rahmat gak terlalu merhatiin Widi selama mereka SMA bareng. Tapi, di awal-awal kuliah entah gimana Widi banyak berubah. Entah udah tau ngerawat diri apa gimana, Widi keliatan makin ‘glowing’, jadilah makin banyak yang naksir, termasuk Rahmat. Tapi saat itu Rahmat baru sampe di titik merhatiin Widi dalam diam.

Masalahnya, gegara Widi sahabatan sama Rosa, otomatis Rahmat dan Widi harus berinteraksi tiap hari di kampus. Dan walaupun interaksi itu gak gimana-gimana, tapi interaksi mereka ngebikin Rahmat yang awalnya cuman merhatiin dalam diam, akhirnya jadi suka dalam diam.

Rahmat suka sama Widi bukan cuman fisiknya doang, tapi sikap dan tutur katanya bikin Rahmat makin-makin. “Dens, Widi itu kalo ngomong adem banget. Dia rajin ibadah, pinter, dan orangnya sopan banget. Pokoknya Widi itu istri idaman. Dens, lu tau mulut gua sampah dan gak mandang gender. Rosa aja gua panggil ‘Anjing’. Tapi kalo ngomong sama Widi, gua gak berani ngomong jorok. Cuma Widi, Dens. Cuma Widi yang bisa bikin gua kayak gitu.” Saat cerita soal Widi, Rahmat sempet nunjukkin IG-nya Widi, dan emang, tampangnya Widi itu bikin lu inget Laudya Cynthia Bella setelah pake hijab. Mereka emang gak mirip-mirip amat, tapi ada auranya Laudya Cynthia Bella yang mancar dari Widi. Menurut Rahmat, Widi itu, “Ughti mungil menggemaskan, istri idaman.”

Walaupun sahabatan, dunia Widi dan Rosa itu timur barat. Rosa suka ‘party’, Widi anak rumahan; Rosa sibuk main sana-sini, Widi belajar mati-matian. Gegara itu, nilai Rosa ancur-ancuran dan tiap semester dapat ancaman DO. Rahmat dan Widi sempat berusaha supaya Rosa ngurangin ‘party’ dan mulai serius sama kuliah, hasilnya nihil. Di semester 4 Rosa harus pindah kampus.

Setelah gak ada Rosa di kampus, Widi sama Rahmat masih deket. Walaupun gak pernah jalan berdua atau semacamnya, di kampus mereka masih berinteraksi kayak biasa. Bisa dibilang mereka temen baik. Di titik inilah Rahmat mulai tergila-gila sama Widi. “Rasa suka merhatiin itu udah jadi cinta, Dens,” kata Rahmat, ngomongnya agak nyeret, doi udah ampir tepar pas nyeritain bagian ini. “Gua sayang banget sama Widi, Dens.”

“Lu sama Widi sempet pacaran?”

“Kagak, Anjing!”

“Terus?”

(Rahmat cerita lagi). Beberapa bulan setelah pindah kampus, hubungan Rosa sama Rahmat masih baik-baik aja, begitu pun hubungan Rosa sama Widi. Mereka masih sahabatan sampe kira-kira akhir semester 5. Waktu itu, tiba-tiba aja Rosa ngelarang Rahmat deket-deket sama Widi, ngobrol pun gak boleh. Rahmat bingung, tapi Rosa dan Widi gak ngasih tau alasannya apa sampe hubungan persahabatan Rosa sama Widi pada akhirnya putus gitu aja.

Awal-awal, Rahmat coba jauh-jauh dari Widi, tapi karena sikon, di mana mereka satu kelas dan ampir tiap hari ketemu, mau gak mau interaksi itu tetep kejadian. Dan karena itu Rosa akhirnya mutusin Rahmat.

Sampe sini, Rahmat ada kepikiran buat deketin Widi, tapi Rahmat ngerasa gak bisa, kurang pantes, masa baru putus terus langsung pacaran sama sahabatnya si mantan. Selain itu Rahmat juga mikir, mana mungkin Ughti sebaik Widi mau sama doi yang kelakuannya kayak tai dan mulutnya sampah. Rahmat ngerasa gak pantes buat Widi. Doi insekyur.

Rahmat tambah insekyur sama Widi waktu mereka ada kegiatan kampus sama adek kelas di salah satu desa di Bogor. Waktu itu, Widi ngajak Rahmat dan adek kelas lain buat sholat. Ngehenya, ada adek kelas cowok yang ngomong ke Rahmat, “Bang, lu kan yang paling tua di sini, lu jadi imam, ya?”

Rahmat diem, malah natap Widi.

Dan Widi langsung nanya. “Kamu bisa, kan?”

“Eh, aku gak sholat dulu hari ini,” kata Rahmat ke Widi dan nyelonong pergi gitu aja.

 

Denger cerita itu, gua langsung motong, “Lu gak bisa jadi imam sholat, Mats? Waktu kita nginep di vila terus ada kejadian gak enak, bukannya lu yang ngimamin anak-anak?”

“Karena di antara anak-anak di tongkrongan, gua yang bacaannya lumayan. Tapi kalo di depan Widi, gua minder, Dens.”

“Kenapa minder?”

“Gak tau.”

Gua cuman bisa geleng-geleng kepala, terus nelen amer lagi. “Tapi, setelah putus sama Rosa lu deketin Widi, kan?”

“Dens, waktu itu di bayangan gua, Widi gak bakal mau pacaran. Dia taat banget sama agama. Selama kenal dia, gua gak pernah denger dia deket apalagi pacaran sama cowok. Di pikiran gua waktu itu, kalo gua nembak Widi, pasti gua harus nikah sama dia setelah lulus, atau lebih parahnya nikah pas masih kuliah. Pokoknya di pikiran gua, kalo gua mau hidup bareng Widi, gua harus nikahin dia secepatnya. Masalahnya gua takut nikah muda, Dens. Mau gua kasih makan apa anak orang?”

“Widi bilang ke lu kalo dia mau nikah muda?”

“Kagak.”

“Terus?”

“Itu tololnya gua, Dens. Gua kemakan pikiran tolol gua sendiri.”

“Widi seanti itu sama pacaran?”

“Denger dulu cerita gua sampe abis, Ngentot!”

 

(Rahmat lanjut cerita). Rahmat dan Widi masih temenan sampe lulus kuliah. Setelah lulus, walaupun mereka jarang ketemu, Rahmat dan Widi masih berhubungan baik. Ampir setiap ‘story’ IG-nya Widi pasti doi kasih like tipis-tipis. Dan yang bikin Rahmat tambah baper, Widi masukin doi ke ‘close friend’. Tambah lagi, selama itu belum ada tampang cowok di ‘story’ Widi, baik di ‘story’ utama atau ‘close friend’. Makin sayanglah doi sama Widi. Di titik ini, Rahmat juga mulai rajin ibadah. Doi pengen memperbaiki akhlak supaya pantes bersanding sama Widi.

 

“Gua potong, Mats. Minum dulu,” kata gua ke Rahmat pas doi lagi senyum-senyum gak jelas nyeritain soal ‘close friend’ IG Widi.

“Bentar, Ngentot!”

“Minum, Anjing! Masih ada satu botol lagi itu. Dari tadi gua doang yang minum. Kan lu yang ngajak minum, Anjing!” Kata gua sambil nuang Amer ke gelas. Gua sempet kesel sama doi, ngajak mabok tapi minumnya nanggung.

 

(Akhirnya doi minum dan lanjut cerita lagi). Kira-kira dua tahun setelah mereka lulus kuliah dan masih belum ada tampang cowok di ‘story’ Widi, Rahmat pun bertekad buat nabung, seterusnya doi bakal deketin Widi dan ngajak Widi nikah. Gak cuman itu, Rahmat juga mulai belajar ngontrol mulutnya dan mulai belajar agama lebih lagi. “Gua gak pede sama pengetahuan agama gua, Dens. Makanya gua harus belajar jadi imam yang baik sebelum jadiin Widi makmum gua.”

Makin hari gemesnya Widi makin gila-gilaan, bikin Rahmat makin termotivasi untuk memperbaiki diri. Tapi, rasa ingin memiliki itu gak ketahan lagi. Akhirnya, doi kepikiran dan beraniin diri buat ngajak Widi jalan. Emang, setelah lulus interaksi mereka biasa aja, tapi di titik ini Rahmat udah siap nikah, jadi doi pengen kenal Widi lebih deket. Suatu sore, di salah satu ‘story’ Widi, Rahmat komen:

·        Wid, weekend ini sibuk, gak? (Rahmat)

·        Gak, sih. Kenapa, Rif?  (Widi)

Fyi, (gua lupa bilang), nama lengkap Rahmat ini Arief Rahmat, biasa dipanggil ‘Arief’ atau ‘Rif’, tapi di tongkrongan doi dipanggil ‘Rahmat’ sama anak-anak karena ‘Rahmat’ tuh nama bokapnya).

·        Nonton, yuk, Wid? (Rahmat)

·        Maksudnya? (Widi)

Sampe sini Rahmat bingung harus jawab apa. Untung Widi yang akhirnya bales lagi:

·        Aku nanya Mas Bagas dulu, ya? (Widi)

·        Bagas? (Rahmat)

·        Pacar aku, Rif. Bukannya waktu bukber kalian udah ketemu, ya?

Detik itu, Dunia Rahmat kebolak-balik. Doi gak percaya Widi ternyata udah punya pacar. “Gua gak nyangka sama sekali kalo Widi tuh bisa pacaran sama laki-laki,” kata Rahmat ke gua sambil nelen gelas amer lagi. Fyi, saat Rahmat cerita bagian ini, muka doi kisut abis, dan suasana seketika gak enak. Bener-bener gak enak. Gua yang lagi mabok aja bisa ngerasain suasana gak enak itu.

Hidup Rahmat ancur-ancuran setelah tau ternyata Widi bisa pacaran dan udah punya Mas Bagas dalam hidupnya. Kata Rahmat hidup doi saat itu kalo dimetaforain, ibarat pesawat yang nabrak puncak gunung dan meledak jadi kepingan.

Untungnya, ketika hidup dan hati Rahmat udah jadi kepingan besi dan rongsokan bara di puncak gunung, muncul Sarah sebagai SAR. Dan Rahmat pun ngejadiin Sarah sebagai pelampiasan. Pacaranlah mereka. Tapi, di bulan ke-6 Rahmat dan Sarah pacaran, di ‘story’ ‘close friend’-nya Widi mulai ‘posting’ kutipan-kutipan galau dan ayat-ayat suci yang nguatin hati dalam menjalani hidup.

Karena gak tahan, Rahmat komen lagi:

·        Lagi kenapa, Wid?

Widi cuman ngebalas pake emot senyum.

Penasaran, Rahmat nyari pria bernama Bagas di ‘following’ IG-nya Widi—yang emang udah sering doi ‘stalking’. Gak ada. Di titik ini Rahmat seneng banget. Tapi, untuk mastiin, diem-diem Rahmat mulai nyari tau ke temen-temen deket Widi soal status Mas Bagas. Dan ternyata bener, Widi udah putus sama Mas Bagas-nya.

Sampe sini Rahmat bingung. Doi gak mungkin mutusin Sarah gitu aja. Walaupun rasa sayang doi ke Sarah gak sebesar rasa sayang doi ke Widi, Rahmat tetep gak tega. Apalagi Sarah orangnya baik banget. “Dens, gua udah dikenalin ke orang tuanya Sarah. Gua gak bisa mutusin dia gitu aja. Akhirnya gua nyari seribu cara supaya bisa putus sama Sarah. Tapi selalu gagal. Sarah itu pengertian banget dan selalu maafin gua. Lu pernah merasa gak pantes buat seseorang karena dia terlalu sayang sama lu? Itu yang gua rasain ke Sarah. Gua pengen kami putus tanpa bikin Sarah sakit hati, makanya gua berusaha jadi bajingan. Tapi balik lagi, Sarah itu pengertian banget. Gua bingung, Dens. Anjing! Anjing! Gua ngerasa gak pantes sama Sarah. Dia harus dapet cowok yang lebih baik dari gua.”

“Gua paham, Mats. Gua pernah ngerasain itu,” kata gua sambil nyodorin gelas.

 

(Doi minum dan lanjut cerita).

Setahun pacaran, Sarah akhirnya mutusin Rahmat. Dan tanpa buang waktu Rahmat mulai komen tipis-tipis di ‘story’ IG Widi lagi. Dan dari komenan itu, Widi sama Rahmat mulai lancar ‘chatting’-an. Di titik ini, Widi pun mulai rajin komen di ‘story’ IG Rahmat. Sampe sekitar sebulanan mereka ‘chattingan’, Rahmat beraniin diri buat ngajak Widi jalan. Semesta baik, Widi mau.

Kencan pertama mereka oke banget, abis itu intensitas ‘chattingan’ mereka juga meningkat. Pokoknya sesibuk-sibuknya Rahmat, doi pasti nyempetin waktu buat bales ‘chat’-nya Widi. Widi pun keliatannya sama, ‘chat’-nya Rahmat pasti selalu dibales lebih cepat. Mereka udah kayak orang pedekate tingkat atas, bukan pedekate tingkat bawah yang masih gengsi balas ‘chat’ cepet. Di titik ini, walaupun belum saling manggil ‘Yang’, ‘Beb’, atau semacamnya, mereka udah sampe di tahap ‘sleepcall’ alias telponan sampe ketiduran. Emang, mereka belum sampe di tahap VC sampe ketiduran, tapi Rahmat udah pede banget kalo Widi bakal jadi istrinya doi.

Kencan kedua mereka juga lumayan oke. Tapi, pas kencan ketiga, waktu Rahmat nganter Widi pulang, di depan rumah Widi, persisnya sebelum Widi turun dari mobil, waktu mereka lagi diem-dieman, karena seakan-akan Widi gak mau turun dan Rahmat gak rela Widi turun dari mobil, tiba-tiba aja, Rahmat nyodorin bibir. Dan Widi, dan Widi, dan Widi NARIK MUKANYA, ngejauh. Canggung. Canggung parah.

Malam itu Widi nolak dicium. Dan tanpa ngomong apa-apa lagi Widi langsung turun dan masuk ke rumah. Rahmat ngutuk diri gila-gilaan dan nyesel ugal-ugalan.

“Gua potong, Mats. Kenapa lu cipok, Anjing!”

“Gua juga bingung, Dens.”

“Kalian udah pacaran waktu itu?”

“Gua gak nembak sih, tapi kita udah sama-sama taulah. Kita bukan ABG lagi kan.”

“Iya! Tapi lu tolol, Arief Rahmat! Dari cerita lu tentang Widi aja, gua bahkan gak bakal berani megang tangan Widi kalo gua di posisi itu.”

“Gua biasanya gitu. Maksud gua, udah jalan, deket, dan ‘chattingan’ tiap hari, dan—.”

“Iya, gua tau. Tapi cewek tuh beda-beda. Masa lu samain calon ibu dari anak-anak lu sama jablay perempatan yang bisa asal lu cipok setelah tiga kali jalan. ‘Timing’, Kawan. ‘Timing’! Lu udah pacaran berkali-kali, harusnya ‘timing cipok’ lu lebih baik.”

“‘Timing cipok’ apaan, Bangsat?”

“Insting untuk tau kapan lu harus cipok gebetan atau pacar lu. Dan menurut gua, kalo cewek kayak Widi tuh harusnya lu nikahin dulu atau lu nunggu dia yang duluan. Atau, bertahap, dari pegangan tangan dulu terus cipika-cipiki dulu, baru lu cipok. Pasti waktu jalan ketiga kali itu lu ama Widi belum sampe pegangan tangan, kan?”

“Belum.”

“Nah, kan! Lu ngehe, Mats!”

“Tapi sama Rosa dan mantan-mantan gua yang lain, kebanyakan cipokan dulu baru pegangan tangan.”

“Jangan samain Widi sama Rosa! Si Rosa itu pernah minum amer di sini bareng anak-anak, lu samain dia sama Widi?”

Rahmat diem. Doi cuman nunduk dan geleng-geleng kepala. Karena kasian, gua nyodorin gelas lagi ke doi. Doi nerima dan nenggak lagi.

“Lu beda sama Mbak lu, Dens. Ngentot! Lu malah makin bikin gua nyesel.”

“Lu kalo curhat sama laki ya kayak gini. Kalo lu tolol, gua bilang tolol, biar lu paham lu tolol. Lu tolol gak waktu mau nyipok Widi?”

Doi ngangguk pasrah.

“Bagus kalo lu sadar. Lanjut cerita, Anjing!” Waktu itu gua udah mabok, jadi semua yang ada di kepala gua, gua keluarin aja.

 

(Rahmat lanjut cerita). Setelah kejadian gagal cipok itu, hubungan Rahmat dan Widi seketika putus gitu aja. Rahmat bahkan gak berani nge-‘chat’ Widi lagi, dan Widi pun gak pernah nge-‘chat’ Rahmat lagi. Rahmat pengen banget minta maaf ke Widi, tapi, jangankan ‘chat’, ngebuka ‘story’ Widi pun Rahmat gak berani. Dan lama-kelamaan gak ada lagi bulatan ijo di tampilan luar ‘story’ IG Widi. Rahmat bukan lagi ‘close friend’-nya Widi di IG. Mereka semakin jauh.

Di titik ini, Rahmat makin nyesel. Doi ngutuk diri, gara-gara satu perbuatan tololnya, segalanya runyam. Saat itu Rahmat udah tau kalo doi emang tolol. Bener-bener tolol. Saat yang sama, insekyuritas doi yang dulu muncul lagi. Doi bener-bener ngerasa gak pantes buat Widi. Apa yang doi lakukan ke Widi pasti dianggap keterlaluan, gak berakhlak, kurang ajar, dan mungkin di mata Widi, itu bentuk pelecehan. Sama kayak dulu, Arief Rahmat berpikir bahwa Widya Ningsih terlalu baik buat doi.

Ngehenya semesta, waktu Rahmat lagi insekyur-insekyurnya, Sarah balik lagi ke hidup Rahmat. Dan karena perpaduan ngehenya semesta dan tololnya Rahmat, doi milih balikan sama Sarah. Fyi, selama denger Rahmat cerita soal doi balikan sama Sarah, rasanya gua pengen megang leher botol amer dan mecahin botol itu di kepala Rahmat.

Waktu berjalan, Rahmat balikan sama Sarah dan Widi pun balikan sama Mas Bagasnya. Dan yang bisa Rahmat lakukan cuman dua, ngerasa bersalah karena gak bisa sayang banget sama Sarah, dan selalu merasa insekyur sama Widi. Di titik ini, Rahmat berusaha buat ngerelain Widi, dan perlahan-lahan doi merasa bisa. Tapi, insekyuritas dan rasa bersalah itu tetap sama doi sampe malam itu.

“Gua kasian ama lu, Mats. Tapi ya, apa yang lu bikin, harus lu tanggung,” kata gua setelah Rahmat cerita panjang lebar.

“Kata-kata lu mirip sama kata-kata Mbak Vivi ke gua tadi, Ngentot!” Rahmat ngisi gelas lagi, dan nenggak lagi.

“Mbak Vivi bilang apa?”

“‘Kita manusia, bukan cuman nanggung apa yang pernah kita bikin, apa yang kita gak bikin pun harus kita tanggung. Dan kadang itu lebih berat.’”

“Anjing! Mbak gua masih bijaksana aja, ya?” Kata gua ke Rahmat.

Gua sama Rahmat ketawa.

“Tapi cerita gua belum abis, Dens. Dan kata-kata Mbak Vivi ke gua tadi ngena banget karena lanjutan cerita gua sama Widi. Apa yang gak pernah gua bikin buat Widi, itu yang gua tanggung sekarang. Mbak Vivi bener, penyesalannya lebih sakit dibanding penyesalan gua pengen nyipok Widi.”

 

(Rahmat lanjut cerita). Di tengah-tengah carut-marut pikiran Rahmat, antara gak tega sama Sarah dan gak ada kesempatan lagi untuk ngejar Widi karena Mas Bagas telah kembali, Rahmat akhirnya milih buat mutusin Sarah. Seenggaknya satu beban doi berkurang. Ngehenya semesta, beberapa minggu setelah putus sama Sarah, tepatnya seminggu sebelum gua nulis cerita ini, muncul undangan pernikahan Bagas & Widi. Dan di titik ini, rasa-rasanya Rahmat pengen mati.

Gak sampe situ, Rosa muncul lagi dan bilang ke Rahmat, “Kayaknya waktunya tepat buat aku bilang semuanya, Rif. Alasan aku sama Widi sempat berantem itu karena kamu, Rif. Waktu itu aku gak sengaja nemuin notes di HP Widi tentang perasaan dia ke kamu. Dan karena itu aku sempet ngelarang kamu berhubungan sama Widi.”

Dan lagi-lagi, gak sampe situ doang, Rosa dan Widi ternyata udah baikan dan sahabatan lagi, dan Widi udah cerita semuanya ke Rosa. Rosa tau soal kejadian percobaan cipok Rahmat. Kata Rosa, “Kamu emang salah sih Rif. Kamu kayak gak kenal Widi aja. Widi pasti gak mau kalo langsung dicium gitu aja. Tapi kamu lebih salah lagi karena kamu gak minta maaf dan mutusin hubungan kalian gitu aja. Waktu itu kalo kamu minta maaf, Widi pasti maafin kamu. Widi itu udah nyimpen perasaan ke kamu dari SMA. Bahkan sebelum kita berdua pacaran, Rif. Widi nunggu banget momen kalian bisa jalan berdua. Tapi kamunya malah mau cium anak orang malem-malem di dalam mobil. Cewek kayak Widi pasti nolak.”

Kata Rahmat ke Rosa. “Aku emang salah, Ros.”

“Ya, salah, tapi kamu lebih salah lagi karena mutusin hubungan kalian gitu aja.”

“Aku minder, Rosa. Widi itu terlalu baik buat aku. Gaya hidup dan tingkah aku itu gak pantes buat jadi imamnya Widi.”

Rosa ketawa. “Kamu tahu, gak? Widi juga ngerasa gak pantes sama kamu dari dulu. Dia ngerasa semua pacar-pacar kamu itu cantik-cantik, pinter ngerawat diri, pakeannya kebuka, ketat, sering ‘party’, dan lain-lain. Widi tuh juga minder sama kamu. Karena kamu, makanya Widi belajar ngerawat diri, Rif.”

“Rosa, menurut kamu, Widi masih punya perasaan ke aku, nggak?”

“Widi masih sayang sama kamu atau nggak, itu udah gak penting lagi. Gak lama lagi Widi bakal nikah. Percuma, Rif.”

 Dan omongan Rosa itu yang bikin Rahmat akhirnya hubungin gua karena pengen curhat sama Mbak Vivi.

Malam itu, pas gelas amer terakhir, dan sebagian kesadaran kami udah bener-bener ilang ke angkasa, Rahmat bilang ke gua, “Dens, jujur, gua nyesel banget. Widi bakal jadi salah satu keputusan paling bodoh yang pernah gua buat seumur hidup gua. Seandainya gua berani ngungkapin ke orang lain tentang Widi, mungkin kejadiannya gak kayak sekarang. Seandainya gua hubungin lu setelah peristiwa gagal cipok itu dan gua langsung curhat sama Mbak Vivi, mungkin ada orang yang nguatin gua. Mungkin yang bakal nikah sama Widi itu gua. Tapi mau gimana lagi, gua udah ikhlas. Dan gua udah lega setelah ngobrol sama Mbak Vivi tadi, dan sama lu sekarang.” Pas kata terakhirnya, Rahmat langsung nyodorin badannya ke gua.

Gua sigap ngejauh dan ngedorong badannya. “Ngentot! Lu mau nyipok gua?”

Rahmat ketawa. “Enggak! Mau meluk, tanda terima kasih udah mau mabok sama gua malam ini.”

“Makasih sih makasih, meluknya gak perlu!”

Rahmat ketawa lagi. Doi bener-bener udah ilang jauh. “Dens, nanti temenin gua ke nikahan Widi, ya?”

Gua ngangguk sambil merhatiin Rahmat yang matanya udah sipit banget. Gua kasian banget ngeliat Rahmat. Doi bilang udah ikhlas karena sekarang doi lagi mabok. Besok pas sadar doi bakal ngerasain sakit itu lagi. Cuma saat itu, cuman saat doi mabok, doi bisa ngelupain Widi dan mengikhlaskan Widi untuk sebentar.

Rahmat sama gua sebenarnya gak jauh beda. Gua masih sayang sama Mawar B. (mantan gua di SMA). Bedanya kami, gua belum punya keberanian buat curhat ke orang lain, ke Mbak Vivi pun gua gak pernah cerita sedalam itu tentang rasa sayang gua ke Mawar B. yang masih gua pendem selama bertahun-tahun. Itu salah satu alasan gua sering mabok, gua pengen lari dari kenyataan. Sebagai cowok, gak ada tempat gua cerita, gak ada siapa-siapa yang bisa nguatin gua.

Rahmat gagal sama Widi karena insekyur. Dan alasan gua gak deketin Mawar B. lagi karena gua pun insekyur. Gua minder. Gua ngerasa Mawar B. udah jauh di atas gua secara ekonomi dan sosial, jadi gua gak punya keberanian untuk deketin Mawar B. lagi. Padahal, semasa SMA tuh Mawar jauh lebih kaya dari gua, tapi gua gak mikir itu, gua tabrak aja, gua nggak insekyur sama sekali. Kadang-kadang gua bingung kenapa sekarang gua insekyur sama Mawar B. Sampe detik ini gua masih gak tau apa gunanya insekyuritas buat kita. 

Malam itu gua pengen curhat ke Rahmat. Masalahnya, gua masih kayak Rahmat sebelum Widi nikah, gua masih ngerasa kalo cowok gak boleh nunjukkin rasa minder, apalagi insekyuritas lu, apalagi ke sesama cowok. Karena itu, kalo kita ngomongin insekyuritas itu pasti soal cewek, padahal semua manusia ngerasa insekyur. Semua orang minder. Bedanya cewek boleh nunjukkin itu, tapi cowok haram nunjukkin itu. Kalo lu cowok, lu nggak boleh bilang ke temen cowok lu: “Eh, menurut lu, gua gendutan, ya?” Karena abis itu, lu pasti dikatain ‘gendut’ seumur hidup lu sama temen cowok lu.

Gua gak berani curhat soal insekyuritas gua karena mungkin gua belum ngerasa kehilangan Mawar B. seperti Rahmat kehilangan Widi yang akan nikah sama orang lain. Mudah-mudahan semesta gak ngehe sama gua supaya gua gak senasib kayak Rahmat.

 

(Balik lagi ke cerita Rahmat). Singkat cerita, di nikahan Widi, waktu Rahmat sama Widi salaman, gua perhatiin bener-bener matanya Widi. Dan di sana, walaupun dikit dan agak tersembunyi, gua masih ngeliat rasa sayang itu. Di nikahannya sama Mas Bagas, keliatan dari matanya Widi masih berharap yang berdiri di sampingnya saat itu adalah Rahmat, bukan Mas Bagas. Gua yakin banget. Gua jarang salah soal ginian.

Seandainya Rahmat berani ngungkapin insekyuritasnya dengan curhat ke Mbak Vivi atau ke gua lebih cepat, gua pasti berjuang sampe titik darah penghabisan supaya kawan gua itu bisa ngedapetin Widi. Tapi, mau gimana? ‘Seandainya’ bakal tinggal sebagai ‘seandainya’ kalo kita lebih takut sama kata ‘maaf’ atau rasa insekyur. Padahal rasa sakit ‘seandainya’ lebih sakit daripada hutang kata ‘maaf’. Akhir kata, doain aja, mudah-mudahan Arief Rahmat secepatnya bisa lupain Widya Ningsih.

 

Ciao!

Suka
Favorit
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Tidak ada komentar
Rekomendasi dari Romantis
Rekomendasi