Disukai
0
Dilihat
730
Darrasah Tiga Warna
Drama
Cerpen ini masih diperiksa oleh kurator

Drrasah adalah nama sebuah area/wilayah yang berada di Kairo. Kampus Al-Azhar sendiri ada di Darrasah. Bukan hanya itu, pun masjid Al-Azhar, masjid Sayidina Al-Husain juga ada di Darrasah. Toko-toko buku banyak di Darrasah. Tiga di antaranya yang banyak dikunjungi Mahasiswa Asing ialah: Darul Ushuluddin, Mujallad al-Arabi dan Dar el-Manar. Ketiga-tiganya berada di depan kampus Al-Azhar Kairo.

Darrasah adalah kawasan pelajar, santri dan mahasiswa. Di Darrasah ada banyak tempat Talaqqi. Empat di antaranya adalah Madhyafah Syekh Ismail Shadiq al-Adawi, Sahah al-Qazzaz, Madhyafah Syekh Said Imran ad-Dah, dan Raudhatun Na'im. Tak jarang guru-guru besar al-Azhar mengajar di dalamnya. Sekarang sudah banyak sekali Mahasiswa Asing, Masisir khususnya-telah bermukim di Darrasah.

 Dulu ramai sekali yang mukim di Hayyu Asyir, sekarang Darrasah pun akan mengimbangi jumlah Hayu Asyir. Lagipula sewa rumah di Darrasah tidaklah terlalu jauh bedanya dengan yang di Bawabat dan Hayu Asyir.

Jumlah Masisir saat ini lebih kurangnya sepuluh ribu jiwa. Setidaknya lebih dari dua ribu orang telah bermukim di Darrasah. Selebihnya di Hayu Sadis, Hayyu Sabik, Hayu Tamin, Bawabat, Gami', Hayu Asyir, Tabbah, Zahra', Rab'ah el-Matarea, el-Marg dan lainnya.

Jamal bin Saifudin kuliah di Fakultas Ushuluddin. Agus bin Salim Fakultas Syariah dan Hukum, dan Ridwan bin Syamsudin kuliah di Fakultas Bahasa Arab. Mereka adalah Mahasiswa Indonesia di Mesir (Masisir), mereka tinggal di Darrasah. Mereka satu flat di lantai lima, satu rumah beda kamar. Rumah mereka di depan kampus Al-Azhar, tidak jauh dari masjid Mu'adz.

Namun mereka beda daerah. Jamal dar...

Baca cerita ini lebih lanjut?
Rp5.000
Suka
Favorit
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Tidak ada komentar
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi