Disukai
0
Dilihat
344
Akew yang Tersakiti
Komedi

Ola, Pembaca!

Nama gua Deni, alias Bro. Kali ini gua bakal mulai cerita pake pertanyaan: “Kenapa kita selalu berekspektasi sama orang lain?” 

Gua bakal jawab pertanyaan di atas dengan sebuah cerita cinta seorang besti yang bernama Andri K. Widyoseno alias A.K.W alias Akew.

Pertama kali gua ketemu Andri alias Akew itu pas hari pertama kami masuk SMP, dan karena doi orangnya asik, sejak itu doi langsung jadi salah satu besti gua di kelas. Saking deketnya kami, pada akhirnya Akew jadi sering nongkrong di tongkrongan komplek gua dan juga sering main ke rumah gua. Karena itu, bisa dibilang gua tau banget soal Akew, termasuk cerita cintanya yang absurd.

Secara fisik Akew biasa aja, saking biasanya, gak ada hal unik yang bisa gua ingat buat deskripsiin doi secara khusus. Tapi, satu angkatan kami di SMP kalo ditanya “Lu ingat Akew, gak?” Gua yakin, mereka pasti jawab pake pertanyaan lagi: “Akew? Akew yang suka sama Putri?” 

Putri ini bukan ‘bunga sekolah’, masih ada beberapa cewek yang lebih gemes di SMP kami. ‘Biasa aja tapi ada manis-manisnya’ mungkin kalimat yang pas buat deskripsiin Putri. Putri punya satu ciri khas yang gampang kecantol di kepala orang-orang, yaitu rambut ‘curly’ hitamnya. Gua males ngejelasin panjang lebar soal rambut Putri, lu cari aja di Google rambutnya Taylor Swift waktu awal-awal ‘booming’! Persis kayak gitu rambutnya Putri, model ‘curly’ Taylor Swift tapi warna item. 

Kami semua mengasosiasikan Akew sama Putri dalam ingatan kami karena sejak hari pertama di SMP Akew udah bikin deklarasi kalo doi ‘jatuh cinta’ sama Putri, salah cewek di kelas kami. Tambah lagi, si Akew Anjing ini gak malu nunjukkin rasa sukanya sama Putri ke semua orang. Ngehenya, kadang malu-maluin kami yang lagi bareng doi. Misalnya, kalo doi papasan sama Putri dan temen-temen ceweknya yang ngegemesin itu, Akew pasti senyum ke Putri, nunduk dikit, kepala manjang ke bawah kayak lagi lewat depan Jokowi, terus ngomong, “Hai, Putri. Kamu cantik, deh, hari ini.” 

Pokoknya, doi gak punya malu sedikit pun kalo soal Putri sampe beberapa temen di tongkrongan—termasuk gua—sempet kesel sama Akew. Kalo kami sedikit lebih dewasa mungkin apa yang dilakukan Akew bisa dianggap wajar, tapi waktu itu kami masih bocah, artinya kami masih ngejaga banget yang namanya citra diri di depan lawan jenis. Tingkah tolol alias caper yang dilakuin Akew kan diliat sama temen-temen ceweknya Putri yang ngegemesin itu, dan mereka selalu ketawa; dan karena kami bareng Akew, kami ngerasa mereka juga ngetawain kami, jadinya kami takut temen-temen ceweknya Putri yang ngegemesin itu mikir tingkah kami sama aja kayak Akew yang gak punya malu dan gak punya citra diri sebagai calon lelaki dewasa bak Rangga AADC, Si Misterius Bangsat. 

Akew ngejar Putri ugal-ugalan. Doi mau lakuin apa aja buat caper sama Putri. Si Anjing sampe aktif banget buat nanya-nanya sama guru atas nama nyari perhatian Putri. Selain itu Akew juga ngelakuin banyak hal supaya bisa ngobrol sama Putri, mulai dari nelpon, SMS, sampe nulis surat. Tapi, semua usaha doi gak direspon. 

‘Putri gimana sama Akew waktu itu?’ mungkin bakal jadi pertanyaan lu pada (pembaca). Jujur, gua gak bisa jawab. Waktu itu Putri emang gak ngerespon Akew dan tingkah-tingkahnya, tapi penolakan juga gak keluar dari mulut Putri. Pokoknya setiap Akew caper dan semua orang cie-ciein mereka, Putri senyum kagak, cemberut juga kagak. Susah ditebak gimana perasaan Putri ke Akew. Putri gak pernah keliatan marah, seneng, atau ilfil sama kelakuan Akew yang sebenarnya bikin Putri ikut dicengin orang-orang. Bahkan guru-guru pun akhirnya tau soal Akew sama Putri, dan ada satu guru pernah ikut ngejailin mereka. Pernah sekali pas kelas 2, guru itu sengaja nyuruh Putri sama Akew sekelompok. Kalo ingatan gua bener, itu pertama kalinya gua liat Akew dan Putri ngobrol empat mata lebih dari semenit setelah Akew berjuang caper selama setahun lebih. Dan setelah bisa ngobrol empat mata sama Putri lebih dari semenit, selama seminggu kemudian Akew selalu senyum kayak orang tolol. Gak cuman itu, pas nongkrong Akew pun jadi suka ngelamun sambil senyum-senyum gak jelas. Baru ngobrol empat mata aja kelakuan doi udah kayak mau nikah sama Putri besok lusa. 

Anehnya, setelah Putri gak ngerespon Akew selama setahun lebih, dua minggu setelah mereka sekelompok, impian Akew akhirnya makin deket kenyataan. Suatu Sabtu sore, waktu gua lagi mandi, tiba-tiba pintu kamar mandi digedor-gedor Mbak Vivi (kakak gua), “Den, ada temen kamu di luar nungguin kamu, katanya penting banget, buruan!” 

Gua sampe gak sempet sabunan karena buru-buru pake celana terus ke teras. 

Pas ngeliat gua, Akew Bangsat ini senyum sambil ngangkat dua keningnya dan ngomong, “Putri ngajak gua ketemuan.”

“Hah?”

“Putri ngajak gua ketemuan, Bro.”

“Itu yang lu bilang penting? Eh, Bangsat! Gua sampe gak selesai mandi gara-gara lu bilang penting.”

“Ini penting banget buat gua, Bro.”

Akhirnya, gegara kasian doi udah datang ke rumah gua jauh-jauh, gua dengerin aja ceritanya. Doi ternyata baru nerima pesan dari Putri yang ngajak ketemuan empat mata di depan sekolah hari Senin sore. Tapi Putri minta Akew jangan hubungin dia dulu dan gak boleh nyapa kalo mereka ketemu di sekolah. “Dan Putri juga bilang kalo gua gak boleh caper sama dia sebelum kami ketemu hari Senin sore.”

Gua kaget dengar cerita Akew. “Lu gak ngerasa aneh? Kenapa Putri ngajak ketemuan tiba-tiba? Setau gua sikap Putri ke lu masih cuek-cuek aja, kan?” 

“Kayaknya Putri udah sayang sama gua, Bro,” kata Akew seraya menujukan pandangannya menuju langit sore. Gak lama mandang langit kayak orang tolol, doi senyum terus geleng-geleng penuh kebanggaan diri.

“Gak mungkin. Sayang karena apa?”

“Gara-gara sekelompok kemaren.” Doi masih natap langit, masih geleng-geleng.

“Emangnya kemaren lu berdua ngomongin apaan?” 

Doi diem dulu rada lama, terus natap gua. “Gak banyak, sih. Cuma soal tugas kelompok itu.”

“Terus?”

“Terus apaan, Bro?”

“Terus kenapa menurut lu Putri tiba-tiba sayang sama lu?”

“Mungkin karena tatapan gua, Bro. Tau gak, Bro. Selama ini gua ngerasa Putri tuh sering natap gua diem-diem, Bro.”

“Dia curi-curi pandang?”

“Kagak. Kalo kita ngobrol, dia sering natap mata gua, Bro.”

“Eh, Monyet! Kita berdua kalo ngobrol juga tatapan kali!”

Doi senyum, ketawa, nyengir, balik senyum, nyengir, ketawa lagi, sampe gua ancam nonjok doi baru doi stop senyum-nyengir gak jelas. 

Setelah ngobrol panjang lebar, sore itu Akew ngajak gua nyari kemeja baru buat nanti dipake pas ketemuan sama Putri. Awalnya gua bilang gak perlu serepot itu karena Senin sore itu jadwalnya Putri dan anak-anak cewek lain maen basket, artinya dia pasti pake baju basket doang. Tapi Akew maksa, katanya doi pengen nunjukkin ke Putri kalo doi serius dan nganggap momen itu adalah momen penting dalam hidupnya. 

Sebagai temen yang baik sekaligus disogok pake sesuatu—yang gua lupa apa, ujungnya gua mau nemenin Akew nyari kemeja sore itu juga. 

Singkat cerita, Senin malam, Akew muncul lagi di rumah gua pake kemeja om-om yang dibeli bareng gua. Doi murung. Katanya Putri gak muncul di sekolah, bahkan di lapangan basket pun gak ada. Cuma ada temen-temen cewek Putri yang ngegemesin itu, dan beberapa dari mereka bilang, “Kew, rapih banget? Putri gak dateng hari ini.” Terus cewek-cewek gemes itu ngetawain Akew. Akew pun patah hati dan akhirnya milih datangin gua di rumah.

Kasian liat doi, gua ajak Akew ke warung Mang Aju, tempat biasa anak-anak komplek nongkrong. Masalahnya, karena Akew udah sering nongkrong di situ, anak-anak kaget ngeliat penampakan Akew. “Mau ke mana lu, Kew? Rapih amat. Mau kondangan?” Kata si A.

“Gaya lu kayak SBY, Kew,” kata si B.

“Kemeja lu kayak punya bokap gua, Kew,” kata si C.

“Dandanan lu kayak penghulu. Mau nikahin orang di mana, Kew?” Kata si D.

Beberapa menit setelah gua sama Akew muncul, semua orang di tongkrongan ambil bagian buat ngecengin Akew. Dan kayak biasa, Akew santai aja dicengin anak-anak, doi malah ikut ketawa. Tapi setelah doi cerita apa yang terjadi ke anak-anak, ada seseorang (gua lupa siapa) yang ngomong gini, “Alah! Masa lu galau cuman karena perek itu.”

Denger itu, Akew berdiri dan langsung ngajak anak itu berantem. Keliatannya Akew emosi banget Putri dibilang ‘perek’.

 Setelah dipisahin anak-anak, gua akhirnya ngajak Akew yang lagi emosi balik ke rumah gua buat buat maen PS . Akew ngikut, tapi sampe di kamar gua Akew bilang doi gak napsu main PS. Doi minta diputerin lagu ‘Manusia Bodoh’-nya Ada Band. 

Seterusnya, selama beberapa saat kami diem-dieman berlatar lagu ‘Manusia Bodoh’, gua sibuk main PS sementara Akew uring-uringan di tempat tidur gua. 

“Kenapa, ya, Bro, Putri gak suka sama gua?” Kata Akew, tiba-tiba.

Gua yang lagi main PS langsung nengok ke tempat tidur, Akew lagi natap langit-langit kamar dan di ujung matanya keliatan ada sedikit kaca karena air mata yang ngumpul. Karena kasian dan takut si Bangsat nangis terus gua harus ngadepin situasi canggung ketika satu remaja laki-laki menangis di depan remaja laki-laki lain di dalam kamar, gua matiin PS, terus ngajak Akew ke taman di samping rumah. 

Di taman samping rumah gua ada kolam ikan sekaligus air mancur yang di belakangnya ada sedikit ruang sebelum pagar. Ruang itu gak keliatan dari rumah karena ketutup sama dinding air mancur. Di belakang dinding air mancur itulah gua ajak Akew nongkrong. 

Sampe di belakang dinding air mancur gua langsung ngeluarin satu batang garpit. “Kayaknya lu butuh ini, deh.”

“Lu dapet dari mana?”

“Sisa sama anak-anak kemarin.”

“Gua takut.”

“Tenang, bokap sama nyokap gua gak ada di rumah. Mbak Vivi juga gak bakal keluar kamar. Cewek tuh suka menjarain diri di kamar selama di rumah.”

Karena tolol, kami berdua ngegarpit di situ. Jongkok hadap-hadapan sambil nyebat satu garpit ganti-gantian (maklum, masih amatir). 

“Gua bingung kenapa Putri gak mau sama gua, Bro.”

“Mungkin karena lu terlalu niat.”

“Maksudnya?”

“Gua pernah baca novel, katanya cewek tuh gak suka dikejar-kejar secara berlebihan.”

“Bukannya cewek suka dikejar, ya?”

“Tapi lu ngejar Putri terlalu berlebihan sampe lu kehilangan wibawa, Kew. Ini menurut gua, ya. Di mata Putri sisi misterius lu tuh udah ilang. Lu mesti inget, Kew, cewek butuh sisi misterius dari cowok.”

“Jadi gua harus gimana, Bro?”

“Lu mesti jaga jarak. Lu harus punya wibawa di depan Putri dan jaga sisi misterius lu.”

“Masa iya?”

“Kalo menurut gua, gitu,” kata gua ke Akew. 

Akew ngangguk-ngangguk doang. 

“Kew, kenapa sih tadi Putri gak muncul?”

“Gak tau.”

“Lu udah nanya ke Putri?” 

“Belum. Tadi waktu nunggu dia di sekolah, gua udah nelpon dia berkali-kali, tapi gak diangkat.” Akew murung lagi. Dan karena kami berdua lagi di balik dinding air mancur yang remang, muka doi keliatan layu banget. Gua iba. 

“Gini aja,” kata gua, “Gimana kalo kita minta tolong Mbak Vivi buat nelpon kakaknya Putri aja? Seinget gua, Mbak Vivi sama kakaknya Putri juga sekelas waktu SMP.”

“Gua malu sama Mbak Vivi, Bro.”

“Mbak gua orangnya santai, Kew. Dia suka hal-hal kayak gini.”

“Serius?”

Gua ngangguk.

Setelah itu gua sama Akew sikat gigi buat ngilangin bau rokok, baru kami berani ngetuk pintu kamar Mbak Vivi. 

Seperti yang gua duga, Mbak Vivi dengan senang nerima curhatan Akew. Dan kata pertama Mbak Vivi setelah Akew cerita panjang lebar adalah, “Jahat banget si Putri itu.” Keliatan kalo Mbak Vivi juga terenyuh sama cerita Akew. Karena itu Mbak Vivi langsung nelpon kakaknya Putri saat itu juga. 

Dan, berdasarkan cerita Putri yang kami bertiga denger lewat HP-nya Mbak Vivi yang dibikin mode ‘speaker’, Putri bilang kalo dia gak pernah ngajak Akew ketemuan. “Mungkin temen-temenku ngebajak HP aku buat ngisengin kamu. Soalnya hari Sabtu sore itu mereka sempat main ke rumah. Maaf, ya, Andri.” Itu kata-kata penutup Putri.

Detik setelah Putri nutup telponnya, kamar Mbak Vivi hening seketika. Akew bengong dengan mata berkaca-kaca, sementara gua dan Mbak cuman saling tatap. Gua iba sama Akew yang tersakiti.  

Besoknya, pagi-pagi banget berita Akew dikerjain temen-temennya Putri udah nyampe di kelas, dan Akew pun dicengin abis-abisan sejak batang idungnya nongol di kelas. Entah sedih entah malu, jam 9 pagi Akew keluar dari kelas dan gak balik lagi. Di titik ini gua makin iba sama Akew dan juga sempet kesel banget sama Putri sepanjang hari. Tapi, waktu jam pulang, Putri nyamperin gua. “Deni, tolong bilang ke Andri nanti telpon gue, ya. Ada yang mau gua bilang ke dia. Tadi malam ada yang belum sempat gua bilang.”

Sampe rumah gua langsung hubungin Akew dan nyampein berita bahagia dari Putri. Dan gak nyampe sejam, Akew muncul di rumah gua dengan mata kayak abis ditonjok Oscar De La Hoya, bengkak sebengkak-bengkaknya. Keliatan banget doi abis nangis kejer seharian. “Bro, Mbak lu ada, gak?” Kalimat pertama Akew pas ngeliat gua di teras.

“Mbak Vivi?” Gua ngerasa aneh, itu pertama kalinya ada temen gua dateng ke rumah nyari Mbak Vivi.

“Iya, Mbak lu.”

“Ngapain lu nyari Mbak gua.”

“Gua pengen curhat sama Mbak lu.”

“Kenapa curhat sama Mbak gua?”

“Mbak lu orangnya asik dan bijaksana, Bro, lagian kemaren Mbak lu sendiri yang ngomong, kalo ada apa-apa, ngomong aja ke dia.”

“Mbak gua ngomong gitu ke lu?”

“Iya, Bro.”

Gua percaya sama kata-kata Akew karena gua kenal Mbak Vivi. Masalah percintaan manusia lain adalah salah satu obsesi dalam hidupnya.

Seterusnya gua sama Akew nongkrong di kamar gua, nunggu Mbak Vivi pulang sekolah. Dan di momen itu Akew bercerita tentang kepedihan hatinya.

Setelah doi cerita panjang lebar, pertanyaan pertama gua ke Akew: “Lu kenapa sedih banget kali ini? Bukannya lu udah biasa dicengin soal Putri?”

“Gak tau, Bro. Kali ini rasanya sakit banget.”

Gua gak tanya lebih lanjut lagi. Takut Akew nangis di kamar gua.

Singkat cerita, setelah Mbak Vivi sampe rumah, Mbak Vivi nerima dengan senang hati curhatannya Akew. Dan setelah denger cerita lika-liku Akew ngejar Putri, pertanyaan pertama Mbak juga sama kayak gua: “Kenapa kali ini kamu sedih banget, Dri? Bukannya kamu udah sering diejekin soal Putri?” Dan jawaban Akew sama kayak jawabannya ke gua: “Gak tau, Mbak. Kali ini rasanya sakit banget.”

Setelah mikir bentar, Mbak Vivi akhirnya ngeluarin kebijaksanaan cintanya, “Mungkin, yang bikin kamu sakit hati itu ekspektasi kamu yang ketinggian sama Putri. Kemarin kan pertama kalinya Putri ngajak kamu ketemuan, mungkin ekspektasi kamu, kamu bakal jadian sama Putri. Makanya kamu sakit hati. Kamu marah, gak, sama temen-temen kamu yang ngerjain dan ngejek kamu?”

Akew diem. “Sebenarnya sih, enggak, Mbak. Aku gak marah sama mereka. Aku juga gak mikirin omongan mereka. Aku cuman sedih, ternyata Putri gak pernah suka sama aku.”

“Dari mana kamu tau Putri gak suka sama kamu?” Kata Mbak Vivi.

Hening. Akew diem. Mungkin mikir.

“Kamu pernah bilang ke Putri soal perasaan kamu, gak?” Kata Mbak lagi.

Hening. Akew tetap mikir selama beberapa saat, agak lama baru doi geleng-geleng kepala.

“Kamu gak bakal tau gimana perasaan dia ke kamu kalau kamu gak pernah ngomong perasaan kamu ke dia,” kata Mbak Vivi dengan wajah penuh kebijaksanaan seorang ratu. Abis itu hening lagi. Gua planga-plongo ngeliat Mbak dan Akew, sementara Akew keliatan belum abis mikir.

“Menurut Mbak, yang aku lakuin sekarang salah, ya?” Kata Akew.

“Gak ada yang salah. Kalaupun banyak yang ngecengin kamu, setidaknya kamu udah berjuang, Dri. Gak semua cowok bisa nunjukkin rasa sukanya dan rela berjuang buat cewek yang dia suka. Mungkin ada cewek yang gak suka sama tingkah kamu yang berlebihan, tapi cewek itu beda-beda, Dri. Gak semua cewek suka cowok misterius. Ada kok cewek yang suka diperjuangin. Temen-temen cowok kamu ngejek kamu karena mereka gak bisa kayak kamu. Mereka gak punya nyali buat lakuin apa yang kamu lakuin buat orang yang kamu sayang.”

Setelah Mbak Vivi ngomong panjang lebar, gua ama Akew bengong, terkesima ngeliat Mbak. Akew mungkin terkesima karena yang Mbak omongin itu tentang kisah cintanya sehingga doi dapet pencerahan; sedangkan gua terkesima karena gua baru sadar Mbak Vivi ternyata cukup bijaksana soal cinta.

“Terus sekarang aku harus gimana, Mbak?”

“Menurut kamu sendiri gimana, Dri?” Kata Mbak Vivi dengan intonasi seorang ibu yang bertanya.

Akew mikir bentar. “Mungkin aku harus ngerelain Putri.”

“Tolol!” Kata gua, kesel. “Lu udah dikasih petuah kayak gitu, masih gak paham juga, Kew?”

Mbak Vivi ketawa, terus ngomong, “Kamu sendiri yang tau harus gimana, Dri.”

“Gimana, Mbak?” Kata Akew, masih gak ngeh.

“Emang tolol lu, Kew! Sekarang ini lu harus tetap jadi diri sendiri. Jangan berubah. Lu harus tetep godain Putri di sekolah.” Kata gua, sok tau. Terus natap Mbak, “Bener, kan, Mbak?” Minta pembenaran. 

“Emang iya, Mbak?” Kata Akew juga minta pembenaran.

“Bukan gitu,” kata Mbak sambil natap gua, terus natap Akew. “Dri, kalo kamu gak ngomong. Kamu gak bakal tau perasaan Putri ke kamu.”

“Terus, aku harus gimana, Mbak?” Si Anjing nanya lagi.

Karena kesel, gua ngomong lagi. “Telpon Putri! Bilang kamu gak marah sama dia, terus tembak si Putri.”

Akew natap Mbak, minta pembenaran lagi.

“Kalo kamu udah siap sekarang, ngomong sekarang, Dri!” Kata Mbak Vivi. 

“Aku siap, Mbak.”

Mbak Vivi ngangguk. “Tapi, kalo kamu mau nembak, jangan lewat telpon. Harus langsung di depan Putri.”

Setelah Mbak Vivi nguatin dan gua ngecengin, Akew bilang kalo tekad doi udah bulat untuk minta ketemuan sama Putri, dan saat itu juga Akew langsung nelpon Putri. Ngehenya, karena doi takut, gua yang harus mencet HP doi supaya bisa tersambung ke nomor Putri.

Di telepon, abis Putri bicara panjang lebar sekalian minta maaf lagi atas nama temen-temennya, Akew minta ketemuan. Putri iyain. Besok, pas pulang sekolah, di kantin.

Malam itu, gua sama Akew ngatur rencana di kamar gua buat besok. Akew minta gua tulisin puisi supaya nanti doi bacain sebelum nembak Putri. Kata doi, doi pengen nembak dengan romantis, tapi karena gak cukup waktu buat persiapan, puisi adalah hal romantis yang menurut Akew bisa diusahain secepatnya dan bisa diandelin besok. 

Awalnya gua gak mau karena gua gak pernah nulis puisi waktu itu, tapi Akew maksa, bilang kalo gua pasti bisa nulis puisi karena gua suka baca. Gua sempet ngusulin Mbak Vivi buat nulis puisi karena gua tau Mbak juga suka nulis buku harian, tapi Akew bilang, “Gua gak enak harus ngerepotin Mbak lu lagi. Lagian puisi ini harus ditulis sama cowok, biar keliatan lebih cowok.”

“Kenapa gak lu aja yang nulis, Kew?”

Akew jawab, “Ngebedain ‘di’ dipisah sama ‘di’ disambung aja gua gak bisa, Bro.”

Akhirnya, setelah debat panjang lebar ditambah sogokan rokok sebungkus, gua penuhin permintaan Akew. Dan di bawah ini puisi yang gua tulis pertama kali dalam hidup gua, ditulis buat Putri atas nama Akew: 

 

Putri, engkau permadani

Tempatku beristirahat

Ketika raga ini letih

Dikuras hari yang berat

 

Putri, memikirkanmu

Adalah saat kita bertemu

Meski hanya dalam khayalku

Dan kita belum jadi satu

 

Putri, saat puisi ini kutulis

Mungkin kau masih apatis

Tapi, pada saatnya nanti

Kau kan kujadikan permaisuri

 

 

Singkat cerita, besoknya, Akew akhirnya ketemuan sama Putri di kantin, empat mata, tanpa sepengetahuan orang lain, selain gua.

Saat Akew sama Putri lagi di kantin, gua nunggu Akew di gerbang sekolah dengan keyakinan teguh kalo Putri bakal nerima Akew, alasannya puisi gua pasti bikin Putri kesemsem. Saat itu gua ngerasa puisi pertama gua itu adalah puisi cinta terbaik yang pernah ditulis dan merupakan anugerah terindah buat umat manusia. Karena itu, betapa bodohnya Putri kalo gak terkesima dengan puisi seindah itu. Itu pikiran gua waktu itu. Tapi, itu waktu itu. Setelah gua baca ulang sekarang, ternyata puisi gua jelek banget, kayak lirik band Hindia yang isinya cuman rima yang dipaksa biar keliatan wah.

Gak lama gua di gerbang, Putri muncul duluan, nyapa gua dengan senyuman yang membinar cerah di bibir, terus cabut gitu aja. 

Ngeliat gelagat Putri, gua pede. Akhirnya, besti gua bisa dicintai sama wanita idamannya. 

Gua buru-buru ke kantin, dan dari jauh udah keliatan, Akew lagi duduk di kursi kantin, dua tangannya di atas meja, dan doi lagi murung, kayak patung.

Ngeliat gelagat Akew, isi pikiran gua balik arah, gua seolah-olah langsung tau jawaban Putri yang sebenarnya. Gua deketin Akew, megang pundaknya, elus dikit, entah buat apa, dan duduk di seberang meja. “Gimana, Kew?”

“Putri udah punya pacar. Anak SMA kelas satu,” kata Akew, pelan banget. 

Gua sama Akew gak ngomong lagi sampe kami pisah di gerbang. Waktu itu gua belum pernah patah hati, tapi entah gimana gua bisa ngerasain patah hatinya Akew. Walaupun itu bukan gua, sebagai orang yang ngeliat perjuangan Akew yang hasilnya nihil, gua bisa bilang, waktu itu gua juga belajar patah hati dan ikutan sedih.

Dari Akew dan Putri gua belajar tentang ekspektasi untuk hati yang harus diperlakukan dengan hati-hati. Akew, besti gua, yang gua kira bakal dicintai sama wanita idaman doi siang itu, ternyata salah, karena siang itu gua malah ngeliat Akew yang tersakiti karena ekspektasi.

Ciao!

Suka
Favorit
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Tidak ada komentar
Rekomendasi dari Komedi
Rekomendasi