Novel
Genre → Religi
THE MELODY OF QURAN
Mulai membaca
Berlangsung
Gratis untuk dibaca
Blurb
The Melody of Quran merupakan kisah perjalanan spiritual para guru bangsa mengajar Indonesia. Guru di dalam kisah ini adalah guru musik bernama Adam Abdinegara, Ia asli Indonesia tapi lama di Jerman. Ia pernah lebih mengagumi Jerman. Katanya Ia cinta Indonesia jika Indonesia sudah seperti Jerman. Baginya Jerman adalah Negara maju dan referensi dunia. Adam Abdinegara begitu mengagungkan mindset orang Jerman (ia awalnya seorang free thinker). Katanya mindset orang Indonesia jauh tertinggal.

The Melody of Quran adalah lantunan nada-nada Al Quran dari seorang hafizhoh Al-Quran, yang entah kenapa nadanya seirama dengan melody Piano yang sedang Adam Abdinegara mainkan. Nada itu mengalun selaras, indah dan harmoni di Sekolah ini. Internat Boarding School, yang didirikan ibu Yayuk Hartati. Beliau memilih mengelola sekolah sebagai amal ibadahnya di hari tua. Ia memiliki hubungan dekat dengan BJ Habibie. Ia merayu Adam, cucu kesayangannya untuk mengajar Musik di sekolah ini.

Semata agar Adam bisa lupa kesedihannya di Jerman. Bagi Adam ber-music adalah ketrampilan yang sudah sangat dikuasainya, apalagi mengajarkan music di depan anak-anak borju, tak ubahnya seperti unjuk kebolehan saja.
Awalnya rag tapi akhirnya ia menerima tawaran mengajar itu. Pembaca boleh tidak percaya pada sikapnya itu. Apakah kesanggupannya itu karena ia cinta Sukabumi (Indonesia)? Atau karena ia memang cinta Al Quran dan ingin hafal Al Quran? Faktanya.! Tatap mata Adam Abdinegara berbinar dan jiwanya bangkit setelah melihat wanita hafiz yang sedang runut menghafal ayat-ayat Al-Quran. Wanita ini telah mengobati dan menghapus luka lamanya. Malika Abdullah. Itulah gadis cantik yang berhasil membuat mata Adam Abdinegara tak berkedip saat pertama melihatnya []
Tokoh Utama
AdamAbdinegara
Malika
Haikal
Eyang
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
2
Dibaca
205
Tentang Penulis
Arif Budiman
Arif Budiman. Lahir di Cilacap 8 Pebruari (500 tahun sesudah kejatuhan Majapahit). Ia lahir di satu kota yang dilewati Sungai Serayu, yaitu waktu Fajar Menyingsing. Tempat Lahir yang menyebabkannya sellau ingat dengan perjuangan orang tua yang menjalani perjuangan memulai keluarga. Saat itu ayahnya bekerja di Pabrik Pemintalan. Karena penghasilan yang tidak mencukupi untuk membelikanku susu kaleng, sore harinya ayahnya rela mengayuh becak. Ibunya pun berjualan sarapan Pagi di Lapangan Donan, juga demi anaknya yang sejak lahir tak minum Asi.
ARif Budiman, itulah nama indah yang disandangnya. Ia mulai merasakan ingatannya menguat dengan tampilan alun-alun DOnan yang saat itu sedang ada lomba balapan motor trill. Ia juga sangat ingat dengan kegiatan pramuka yang sangat ramai saat itu. Katanya ia pingsan setelah menonton kegiatan pramuka di lapangan Donan. Tapi penulis tak menyadari kejadian itu. Kata Mama, ada kecelakaan yang menyebabkan beberapa peserta pramuka yang terluka dan setelah itu, tubuh penulis panas dan selanjutnya terkena tipes.
Tahun 1980, saat usianya 2 tahun, Ayahnya memutuskan untuk kembali ke Kebumen (Gombong) karena menerima tawaran untuk menjadi PNS di Kantor Pengadilan Agama Kebumen, dan setahun berikutnya lagsung diangkat sebagai PNS. Proses pengangkatan yang sangat cepat membuat Ayahnya sangat berharap nnaknya ini juga seperti dirinya. Ayahnay sangat prihatin hingga usianya yang ke 40, belum juga ada tanda-tanda diangkat menjadi PNS. Bahkan yang terjadi pemerintah mengeluarkan dua kebijakan. Pengangkatan Pegawai pemerintah hanay bias dilakukan dengan dua jalaur yaitu PSS dan P3k.
Hingga kini nasibnay pun belum berubah, P3K di Kemenag belum terjadi. Pernah terdaftar sebagai K2, namun saat pendataan P3K, ia terlambat dapat kabar. Kesempatan P3K pun terlewat dan ia tak bias berbuat apa-apa kecuali menerima nasibnya tetap sebagai Honorer. Namun demikian ia tetap bersyukur sebab meskipun belum PNS ia mendapatkan tunjangan sertifikasi yang menyebabkannya punya penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.
Bergabung sejak 2021-10-09
Telah diikuti oleh 14 pengguna
Sudah memublikasikan 3 karya
Menulis lebih dari 219,895 kata pada novel
Rekomendasi dari Religi
Rekomendasi