Apakah kamu akan memberikan Novel ke ?
Berikan Novel ini kepada temanmu
Masukan nama pengguna
Blurb
"Ibuku hatinya lembut. Duplikat hatinya ada di balik dadaku ini. Hanya aku, karena bahkan adikku pun tak selembut itu. Ibuku mengajari aku arti welas asih. Ibuku mengajari aku untuk menyediakan diri bagi orang yang membutuhkan. Tetapi . . . aku juga mewarisi sikap keras Bapakku. Kamu sudah melihatnya saat kutonjok keras rahang Pak Gunadi tadi."
Ini adalah sebuah ladang pertempuran tak berimbang, di mana sekumpulan orang melakukan persekusi terhadap anak-anak tak berdaya. Wira membebaskan dirinya masuk ke gelanggang, sebuah tempat tak ramah yang didiami anak-anak itu. Tempat dengan tanah tandus merekah dan pohon-pohon meranggas, serta orang jahat berjejal menabur racun ke tanah di mana anak-anak itu tinggal.
Ini adalah kisah Wira, juru parkir dari Solo yang berusaha menyelamatkan belasan anak penderita HIV/AIDS di berbagai daerah dari persekusi dan diskriminasi, serta menyemai harapan hidup yang lebih baik bagi mereka dengan menampung mereka di sebuah shelter.
Ini adalah sebuah ladang pertempuran tak berimbang, di mana sekumpulan orang melakukan persekusi terhadap anak-anak tak berdaya. Wira membebaskan dirinya masuk ke gelanggang, sebuah tempat tak ramah yang didiami anak-anak itu. Tempat dengan tanah tandus merekah dan pohon-pohon meranggas, serta orang jahat berjejal menabur racun ke tanah di mana anak-anak itu tinggal.
Ini adalah kisah Wira, juru parkir dari Solo yang berusaha menyelamatkan belasan anak penderita HIV/AIDS di berbagai daerah dari persekusi dan diskriminasi, serta menyemai harapan hidup yang lebih baik bagi mereka dengan menampung mereka di sebuah shelter.
Tokoh Utama
Wira Himawan
Anjani Nindita
Pram Bojel
Handoko
Nuraini Putri
Ernasari Putri
David Pandiangan
Sumo Martono
Marjiyem
#1
Persekusi
#2
Dilema Wira
#3
Seperti Ibu, Seperti Itu Anaknya
#4
Kisah Pelik Suciyati
#5
Tak Ada Cinta di Desa Ini
#6
Rumah Aman
#7
Dendam Begundal
#8
Jab Keras ke Rahang Kanan Pak Gunadi
#9
Janji Handoko
#10
Kabar dari Samosir
#11
Wawancara Berbahaya
#12
Kedatangan David Pandiangan
#13
Luka David
#14
Molotov
#15
Tabu
#16
Pram Bojel Kembali
#17
Diusir
#18
Karma Buruk
#19
Memulangkan Balas
#20
Megatruh
#21
Hari Baru
#22
Buah Perjuangan
Ulasan kamu
Ulasan kamu akan ditampilkan untuk publik, sedangkan bintang hanya dapat dilihat oleh penulis
Apakah kamu akan menghapus ulasanmu?
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Emosinya dapat. Anak-anak yang dihakimi membuat saya sakit hati. Ingin ikut membela, tapi apalah daya saya tidak termasuk di cerita (bercandyaaaa ... )
Saya mendukung setiap cerita yang mengusung tema kemanusiaan. Semoga penulis dapat menebarkan kebaikan lewat pembacanya. Semoga berhasil ya, Kak Ari ...
Saya mendukung setiap cerita yang mengusung tema kemanusiaan. Semoga penulis dapat menebarkan kebaikan lewat pembacanya. Semoga berhasil ya, Kak Ari ...
There's a big, big hard sun, beating on the big people in the big hard world .... Begitu yang dinyanyikan Eddie Veeder, dan menurutku relevan dengan cerita ini. Memaparkan bagaimana hidup menempa jiwa-jiwa besar, seperti terik mentari menempa bumi dan penghuninya. Dengan penuturan yang ramah dan akrab, cerita ini memperdalam makna tenggang rasa dan perjuangan hidup. Welldone, mas!
Sebagai seorang mantan jurnalis, penulis ini handal meramu isu sosial ke dalam bentuk karya fiksi. Kisah dan perjuangan Wira sebagai juru parkir dari Solo, sungguh menggugah. Tekadnya menyelamatkan anak-anak penderita HIV/AIDS dari cengkeraman diskriminasi dan persekusi, memang sangat berani. Di dunia yang keras ini, memang sungguh tidak adil, kalau anak-anak yang tidak bersalah menjadi korban stigma masyarakat. Novel karya penulis ini, sekali lagi, seperti kisah lainnya yang selalu disorot oleh juri kompetisi, dapat menggugah empati dan seolah memberi garis tebal, kalau welas asih dan keberanian melawan ketidakadilan itu sangat dibutuhkan. Respek!
Suka banget sama cerita ceritanya
Mas Ariy ini paling pandai kalau bikin cerita yang menggugah emosi. Jago benar membuat cerita-cerita yang memancing empati pembaca seperti Tabu di Tanah Tuba. Narasinya lancar dan gambaran kisahnya lebih mendalam dari reportase mendalam.
bacanya jadi penuh emosi tumpah ruah.
Tema yang dipilih sangat sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini.
Kisah yang bikin emosi naik turun. Kenyataannya selalu ada orang macam Pram. Hidup di desa tidak seindah itu.
❤️❤️❤️❤️❤️
stigma masyarakat dari tahun kapan sampai sekarang masih sama. Kudu lebih banyak edukasi ttg HIV/AIDS. Aku suka cerita ini karena banyak values yang disodorkan dari kisah yg diramu. Tema-tema yang jarang diangkat.
Ada bab-bab yg nonjok di hati. Duh!
Sejak awal novel ini dibuka dengan bab yang membuat geregetan. Semakin ke belakang semakin gemes. Betapa berat hidup menjadi seperti mereka. Jadi banyak pengetahuan baru tentang penyakit ini. Nunggu endingnya, apakah akan ada kejutan. Keep up the good work. Kalau sudah baca ending, ntar update review lagi.
Disukai
366
Dibaca
6.6k
Tentang Penulis
Ariyanto
Pemenang Kompetisi Kwikku:
- Kisah Gaib Pesantren dalam novela "Tiga Dharma Mengejar Cahaya" (2024).
- Sepotong Kisah di Balik 98 dalam novela "Sepatu untuk Jenderal" (2023).
- Spill Your Stories dalam cerpen "Mukini & Mukidi" dan "Gretta Si Nenek Sihir".
- Kisah Gaib Pesantren dalam novela "Tiga Dharma Mengejar Cahaya" (2024).
- Sepotong Kisah di Balik 98 dalam novela "Sepatu untuk Jenderal" (2023).
- Spill Your Stories dalam cerpen "Mukini & Mukidi" dan "Gretta Si Nenek Sihir".
Bergabung sejak 2020-08-31
Telah diikuti oleh 449 pengguna
Sudah memublikasikan 10 karya
Menulis lebih dari 381,279 kata pada novel
Rekomendasi dari Drama
Novel
Jalur Pendakian
bbrewa
Novel
Tabu di Tanah Tuba
Ariyanto
Novel
Catch You Later!
Indah F. Wahyuni
Komik
BR[OK]EN
i nengah doni adhitama
Flash
Dokter Spesialis Kandungan
Luca Scofish
Novel
Sekukuh Karang Seluas Samudera
Redy Kuswanto
Novel
Prolog Epilog
Devi Wulandari
Skrip Film
AYY LOVE YOU
I | N
Skrip Film
Happy Ending
latifaahhnf
Flash
Pacaran
Rena Miya
Novel
KITA DIPERSATUKAN TUHAN
Asti Pravitasari
Novel
Memories
Nany Parker
Novel
DASAR AKU! : Tahta, cinta dan cita-cita
Santi Setiawati
Komik
Hot Daddy VS Cute Baby
deetata
Novel
Dirga n Tara
Hesti Ary Windiastuti
Rekomendasi
Novel
Tabu di Tanah Tuba
Ariyanto
Novel
Pabrik Bahagia
Ariyanto
Novel
PULANG KE SOLO, DAN KISAH-KISAH TENTANG POLITIK KEMALANGAN
Ariyanto
Novel
Bronze
Rahasia Rasri
Ariyanto
Novel
Kisah Penyap dari Rimbun Bambu di Belakang Taubah
Ariyanto
Novel
Bronze
Sepatu untuk Jenderal
Ariyanto
Cerpen
Bronze
Mukini & Mukidi
Ariyanto
Novel
TIGA DHARMA MENGEJAR CAHAYA
Ariyanto
Cerpen
Bronze
Gretta Si Nenek Sihir
Ariyanto
Flash
Sugeng Jatuh Cinta
Ariyanto