Novel
Genre → Drama
PULANG KE SOLO, DAN KISAH-KISAH TENTANG POLITIK KEMALANGAN
Oleh Ariyanto
Mulai membaca
Telah selesai
Gratis untuk dibaca
Novel ini masih diperiksa oleh kurator
Blurb
Kebahagiaan yang kurasakan terkait hasil Pemilu Presiden, memiliki konsekuensi hebat. Kalau ada yang bilang terpilihnya mantan wali kotaku menjadi calon presiden dalam Pemilu 2014 telah menghadirkan salah satu permusuhan paling panas dalam sejarah politik kontemporer Indonesia, aku mengamini itu.

Tak hanya dalam sejarah politik Indonesia, Pemilu ini adalah Pemilu yang paling memiliki daya rusak terhebat, setidaknya dalam rumah tanggaku dengan istriku. Kami tak pernah berseteru sesengit itu. Tidak pernah. Sampai kemudian aku menyadari, kami sudah terpisah jauh. Kami masing-masing menegakkan ego demi "junjungan" kami.

Lalu, saat kutemukan anakku meringkuk di kantor polisi habis digebuki saat ikut aksi unjuk rasa di gedung DPR, aku menyadari semua soal tetek bengek politik ini selalu bermuara pada kerusakan di rakyat dan kenikmatan di penguasa.

"Kenapa Bapak dan Ibu tidak berdiskusi saja baik-baik? Lihatlah sekarang, pemimpin yang dijagokan Ibu gagal, pemimpin yang dijagokan Bapak mengecewakan. Sementara rumah tangga kalian hancur."

Anakku menempelengku dengan kalimatnya.
Tokoh Utama
Margono
Sularmi
Aal
Jose
Imam
Marwono
Wali kota
Pakde
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Menggambarkan dgn baik politik grass root Indonesia yang masih mengandalkan fanatisme, emosional, dibanding rasionalitas. Aku suka part di mana penulis mengaitkan sejumlah peristiwa penting di Indonesia. Good job.
Saya pikir akan menulis novel politik yang berpihak. Ternyata tidak. Ini novel tentang korban politik, tak berat dibaca karena realistis. Menarik karena relevan. Menampilkan banyak sejarah gelap negeri ini.
Kisah menarik dan menginspirasi sekali bagi saya untuk menuliskan kisah-kisah dari kejadian nyata.
Bacanya seperti teringat kondisi Indonesia beberapa tahun lalu. Temanya politik, tidak berat dan sangat lekat dgn realitas masyarakat Indonesia.
Disukai
185
Dibaca
1.8k
Tentang Penulis
Ariyanto
Pemenang Kompetisi Kwikku:
a. Kisah Gaib Pesantren dalam novela "Tiga Dharma Mengejar Cahaya" (2024).
b. Sepotong Kisah di Balik 98 dalam novela "Sepatu untuk Jenderal" (2023).
c. Spill Your Stories dalam cerpen "Mukini & Mukidi" dan "Gretta Si Nenek Sihir".
Bergabung sejak 2020-08-31
Telah diikuti oleh 426 pengguna
Sudah memublikasikan 11 karya
Menulis lebih dari 381,094 kata pada novel
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi