Novel
Genre → Drama
Orang Lamba
Mulai membaca
Telah selesai
Gratis untuk dibaca
Novel ini masih diperiksa oleh kurator
Blurb
Aku, namaku, Pandong dan aku punya satu pengakuan.

Harus kuakui bahwa aku adalah seorang pengagum hal-hal yang berbau kertas. Dan perihal berbau kertas itu, aku dapat menemukannya pada tumpukan buku, pepohonan, pulpen bekas jamahan catatan lusuh, surat-surat romansa buat kekasih, puisi jenaka, cerita karangan pendek, khayalan, catatan panjang, dan koran-koran bekas. Juga pada pipi, bibir, tubuh milik Sang Dara Agung dan dinding-dinding kamarku sendiri.

Kertas, aku rasa adalah hasil penemuan terbaik yang pernah dicapai umat manusia; sebuah kemasyuran tiada tara. Tanpa tanding. Sungguh, tiada tandingnya.

Salam juga patut disampaikan untukmu, Sang Dara Agung, dari aku—seorang yang dulu pernah menjadi asing—yang kini tak takut lagi pada kematian.

Dan untuk itulah, karena aku seorang yang mengagum hal-hal yang berbau kertas, maka atas izin Yang Maha Kuasa aku akan tuliskan satu catatan yang lebih panjang lagi, yang datang dari suatu masa indah di usia mudaku.

Sebuah masa di mana aku, adat, tradisi, ilmu pengetahuan, penemuan, cinta, perempuan muda berdarah agung, tragedi, kepergian, kehilangan, dan orang asing, berjumpa, berkanjang, berkumpul menjadi satu di Lamba-tanah kelahiranku.

Kisah ini bermula pada tahun 1992. Ketika usiaku masih dua puluh satu tahun.
Tokoh Utama
P
K
L
M
R
L
M
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
35
Dibaca
355
Tentang Penulis
mas gamblang
Pengagum hal-hal yang berbau kertas.
Bergabung sejak 2023-05-08
Telah diikuti oleh 58 pengguna
Sudah memublikasikan 2 karya
Menulis lebih dari 121,121 kata pada novel
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi