Novel
Genre → Drama
Menunggu Di Bandara El Tari
Mulai membaca
Berlangsung
Gratis untuk dibaca
Novel ini masih diperiksa oleh kurator
Blurb
Pilihan menjadi TKI demi setumpuk uang pun tidak lagi menjadi profesi yang asing lagi. Syukur-syukur jadi TKI yang punya dokumen surat-surat resmi, jadi pekerja tanpa dokumen resmi dan bahkan tanpa mereka sadari tidak mendapatkan gaji pun mereka sanggupi. Kisah-kisah para TKI yang dikerjai majikannya sudah menjadi cerita basi. Namun cerita yang tersebar memang lebih banyak perempuan yang menjadi korban.
Dengan latarbelakang kisah kehidupan TKW di Arab Saudi, novel ini mengungkap fakta kehidupan para syarmuth (PSK) Indonesia yang sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, mereka cuma dihargai 50 Riyal atau setara dengan lima mangkok bakso hingga dalam dunia prostitusi, mereka terkenal dengan sebutan si "Abu Khomsin". Bahkan mereka juga kerap mengalami penipuan dan kekerasan dari para pelanggannya.
Dalam novel fiksi ini mengisahkan tentang suka duka Monica, seorang gadis dari daerah Sumba dalam pencarian spiritualnya mencari hakikat keberadaan Tuhan dan keyakinan hati terhadap agamanya. Terjadi pergolakan jiwa, dalam dirinya di antara keputusannya meninggalkan kampung halamannya dan harus berpisah dengan keluarga yang dia cintai untuk merantau ke Arab Saudi sebagai TKW karena himpitan ekonomi dengan keinginannya untuk menunaikan ibadah haji. Dan kenyataan pahit harus dia terima karena ternyata kehidupannya di Arab Saudi tidak semudah dan seindah seperti yang dia bayangkan sebelumnya. Justru yang dia dapati adalah cobaan hidup dari Tuhan untuk menguji ketegaran dan kesabarannya.
Dia terjebak dalam kehidupan yang serba sulit mulai mendapatkan majikan kejam yang selalu berusaha untuk merenggut kehormatannya, terjerumus dalam dunia prostitusi sampai berurusan dengan polisi Saudi karena dituduh telah melakukan pembunuhan hingga dia harus mendekam di penjara.
Hingga pada klimaksnya dia harus berjuang untuk bisa terbebas dari jeratan hukuman pancung dari pemerintah Arab Saudi. Namun seolah penderitaan dan ketidakadilan akan nasibnya membuatnya tidak berdaya. Seolah semua perlawanannya tidak ada artinya lagi, seolah sudah tidak ada jalan keluarnya, buntu. Akankah ia akan menyerah pada nasib? Ataukah ia akan menjadi ujung tombak untuk mengurai atau memutus lingkaran setan ketidakadilan akan nasib para TKW lainnya. Bahkan akankah dia akan menggugat Tuhan?
Yang pasti dia akan berteriak lantang,"Tuhan, aku ingin pulang! Selama ini aku mencari-Mu, selama ini aku mengikuti jalan-Mu namun mengapa cobaan ini terasa begitu berat bagiku."
Dalam perjuangannya itu, dia bertemu dengan Rendy, seorang mahasiswa University Of King Abdul Aziz yang juga berprofesi sebagai seorang sopir taksi yang rela berkorban untuk dirinya dalam membebaskannya dari tuntutan hukuman mati. Hingga mereka terlibat kisah cinta yang sangat mengharukan dan dilematis. Dan dengan pertaruhan antara cinta dan kesetiaan, Rendy ingin membebaskan Monica dari jeratan hukuman mati dan keinginannya untuk bisa kembali pulang dan berkumpul dengan keluarganya di Sumba.
Akankah Monica bisa bebas dari jeratan hukuman mati dan bisa kembali pulang ke Sumba, Indonesia?





Tokoh Utama
Monica
Rendy
Abdullah
Gunawan
Umi Kalsum
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
0
Dibaca
0
Tentang Penulis
DENI WIJAYA
phone : 081945709771
email : deniaditamawijaya@gmail.com
instagram : @deniaditamawijaya
Bergabung sejak 2020-05-03
Telah diikuti oleh 546 pengguna
Sudah memublikasikan 30 karya
Menulis lebih dari 264,576 kata pada novel
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi