Novel
Genre → Drama
Mamah, Panda Ingin Sehat
Mulai membaca
Telah selesai
Gratis untuk dibaca
Novel ini masih diperiksa oleh kurator
Blurb
Kisah ini terinspirasi dari perjuangan Andre Panda dengan akun IG: @pandainginkurus dan akun Tiktok: @langkahkebaikan yang sempat viral #fyp karena perjuangannya menuju sehat dan menurunkan berat badan. Harapannya kisah Andre Panda yang bertema kesehatan mental dibungkus dalam genre drama, komedi, religi dan songlit--di dalam novel dapat ditemukan puisi dan lirik-lirik lagu yang ditulis asli oleh Andre Panda dan istrinya--ini di Kwikku seperti halnya IG dan Tiktoknya, dapat viral dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menjalani hidup sehat dan terbebas dari obesitas. Apalagi menurut survei Kementrian Kesehatan pada tahun 2023, 23,4% dari masyarakat Indonesia yang berusia diatas 18 tahun ternyata, mengalami obesitas. Masih menurut, Kementrian Kesehatan, angka obesitas ini dapat diatasi dengan menerapkan pola makan nutrisi seimbang, beraktivitas fisik paling sedikit 1 jam per hari secara rutin, dan terapi psikologis bila diperlukan.
***
Andre Panda tidak menyangka berat badannya tembus ke angka 230kg karena berbagai permasalahan yang terus menerus menimpa dirinya trauma cinta masa lalu, trauma atas kematian ayahnya, keluarga mertuanya yang selalu mengukur segala sesuatu dari materi (toxic family), istrinya yang dianggap tidak menghargainya karena ikut-ikutan materialistis (toxic love), dikhianati teman sekantornya, di-PHK oleh kantornya di masa pandemi covid bahkan menghadapi tetangga yang toxic. Semua faktor itu bermuara pada satu hal sebagai dilema masyarakat liberal kapitalistik, dimana segala sesuatu diukur dari materi alias ujung-ujungnya duit.

Kehidupan Andre Panda yang penuh kecemasan (anxiety), keresahan dan konflik itu membuatnya lari dari kenyataan dengan makan banyak hingga 9 piring sehari dan minum kopi manis 8 gelas per hari, dengan 4 sendok makan gula per gelasnya dan satu kresek gorengan.

Surat sakti alias rujukan dokter penyakit dalam Rumah Sakit Kabupaten, Dokter Nugroho ke Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Daerah (RSUD), telah menjadi titik balik perjuangan Andre Panda menuju hidup sehat. Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD, Andre Panda didampingi 5 dokter spesialis yaitu spesialis endokrin, gizi, jantung, gastro liver dan psikosomatis. Andre pun banyak mendapatkan dukungan dari teman-teman online baru, teman-teman program kebugaran maupun teman-teman "Body Brutal" circle di gym yang super gokil. Alhasil berat badannya bisa turun 34 kg dalam waktu 4 bulan, dari 230kg hingga 196 kg.

Perjuangan Andre Panda untuk menurunkan berat badan ini bisa berhasil karena menjaga pola pikir, pola jiwa, pola makan, olahraga serta dukungan dari teman-teman online dan offline dan yang terakhir tapi terpenting yaitu ridho dan doa restu dari Mamah Budi (ibu dari Andre Panda) dan Mamah Bari (ibu mertua dari Andre Panda). Namun, perjuangannya ini belum berakhir hingga Andre Panda bisa mencapai berat badan ideal sekitar 75kg dan membangun massa otot kurang lebih dalam 2 tahun ke depan. Bagaimana kisah perjuangan Andre Panda dan bagaimana masa depannya? Silahkan para pembaca untuk menyimaknya sampai tuntas ya...
Tokoh Utama
Andri Kusuma BP alias Andre Panda
Ita Mutiara Dewi
Mamah Budi
Mamah Bari
#1
Prolog
#2
Bab 1: Dua Ratus Tiga Puluh Kilo (230 Kg) ?
#3
Bab 2: Tokyo Love Story
#4
Bab 3: Surat Cinta Masa SMA
#5
Bab 4: Persimpangan Pilihan
#6
Bab 5: Luka di Balik Ospek di Hutan
#7
Bab 6: Duka di Tengah Kejujuran
#8
Bab 7: Luka yang Membesar Seiring Berat Badan
#9
Bab 8: Pekerjaan Setelah Wisuda
#10
Bab 9 Hobi Baru Yang Menyenangkan
#11
Bab 10: Kenangan di Bawah Reruntuhan
#12
Bab 11: Diantara Tanggung Jawab dan Harapan
#13
Bab 12 Ta'aruf Oh Ta'aruf (alias Kenalan Pra Nikah)
#14
Bab 13: Ta'aruf Super Aneh Sedunia
#15
Bab 14: Serah-serahan Yang Membawa Bencana
#16
Bab 15: Masa Masa Indah Pernikahan
#17
Bab 16: Cobaan awal pernikahan
#18
Bab 17: Gading yang Mulai Retak
#19
Bab 18: Memulai Kehidupan Baru sebagai Kontraktor
#20
Bab 19: Ramsay Hunt Syndrome
#21
Bab 20: Memberanikan Punya Rumah Sendiri
#22
Bab 21: Kejutan Berujung Kemarahan
#23
Bab 22: Sawah Terjual dan Hutang Yang Lunas
#24
Bab 23: Menantikan Kehadiran Buah Hati
#25
Bab 24: Di Bawah Bayang Bayang Disertasi
#26
Bab 25: Kelahiran Anak Ke-2 Badanku Semakin Melonjak Drastis
#27
Bab 26: Ojek Online, Makin Nambah Besar Badanku
#28
Bab 27: Akun Gacor, Motor Baru
#29
Bab 28: Lebaran Yang Sarat Beban
#30
Bab 29: Jalan terjal setelah PHK
#31
Bab 30: Tetangga Toxic merusak harmoni
#32
Bab 31: Perjalanan Menuju Rumah Sakit
#33
Bab 32: Bertemu Dokter Endokrin
#34
Bab 33: Drama Jarum Suntik di Ruang Laboratorium
#35
Bab 34: Kabar Baik di Ruang Pemeriksaan
#36
Bab 35: Penyesuaian Pola Makan di Ruang Konsultasi Gizi
#37
Bab 36: Menyembuhkan Luka Batin Bersama Dokter Noor
#38
Bab 37: Konten Olahraga yang Mendadak Viral
#39
Bab 38: Mencipta Lagu, Tambah Semangat Olahraga
#40
Bab 39: Konten Olahraga, dan Rintangan di Jalan Sehat
#41
Bab 40: Dukungan Teman-teman Gym "Body Brutal"
#42
Epilog
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
7
Dibaca
750
Tentang Penulis
Ita Mutiara Dewi
Menulis novel di tengah kesibukan sebagai ibu, mendampingi suami obesitas grade 3 (diatas 200 kg), mengajar di kampus, dan sebagainya. Menulis novel utamanya untuk mendukung suami agar tetap semangat menuju sehat hingga menuju berat badan ideal atau body goals yang beliau harapkan...
Bergabung sejak 2024-08-22
Telah diikuti oleh 24 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 51,244 kata pada novel
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi