Novel
Genre → Drama
Batu Guru
Oleh Muram Batu
Mulai membaca
Berlangsung
Gratis untuk dibaca
Novel ini masih diperiksa oleh kurator
Blurb
Hisar, Anggiat, dan Saurma tidak pernah bisa memilih sebagai anak dari yang menderita AIDS. Pun, tidak ada dari mereka yang mengenal orangtua masing-masing. Sejak lahir mereka langsung dipelihara oleh pihak HKBP Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara.

Hingga kemudian mereka dipindahkan ke Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir. Mereka kemudian disekolahkan di sekolah umum. Namun, warga sekitar menolak. Orang-orang takut akan tertular HIV.

Seperti apa kehidupan Hisar, Anggiat, dan Saurma di Nainggolan dan bagaimana perjuangan mereka menghadapi stigma negatif? Lalu, haruskah mereka meninggalkan kawasan di tepi Danau Toba itu?
Tokoh Utama
Hisar
Anggiat
Saurma
Inang Mery
Nauli
Nadia
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
0
Dibaca
16
Tentang Penulis
Muram Batu
Muram Batu bernama panjang Muhammad Ramadhan Batubara, terkadang disingkat juga menjadi Muram Batubara.

Mempublikasikan karya (cerpen) pertama kali pada 2001 di Majalah Horison. Setelah itu karya menyebar di berbagai media seperti Jakarta Post, Femina, Nova, Majalah Gong, Jawa Pos, kompas, dan sebagainya.

Buku tunggalnya yang telah terbit adalah Hujan Kota Arang (2018), Tepi Toba (2019), Kartini Boru Regar, Tahi Kecoa, dan Walikota (2020), serta Yang Tetap Hilang (2023).

Juga menulis naskah drama, salah satu naskahnya yang masih sering dipentaskan berbagai teater di Indonesia dan Malaysia adalah Lena Tak Pulang (2006).
Bergabung sejak 2024-05-08
Telah diikuti oleh 22 pengguna
Sudah memublikasikan 18 karya
Menulis lebih dari 19,537 kata pada novel
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi