Novel
Genre → Drama
Bara Ibu Pratiwi
Mulai membaca
Telah selesai
Gratis untuk dibaca
Novel ini masih diperiksa oleh kurator
Blurb
Pratiwi (transmigran asal Bali di Kaltim) terlalu berlebihan mencintai Sadewa, putra bungsunya sampai ia rela melepas sawah miliknya untuk perusahaan eksplorasi tambang batu bara terbuka yang berkantor pusat di Jakarta tempat Sadewa bekerja sebagai staf legal. Padahal semua kenangan dan perjuangan Pratiwi tersimpan jelas di sawah itu, Ida Sang Hyang Widhi Wasa pun melarangnya bersekutu untuk merusak alam tempat Dewi Sri singgah.

Namun setelah Bumi, cucu satu-satunya dari mendiang Nakula (putra sulungnya) tewas tenggelam di kubangan pasca tambang yang tidak direklamasi oleh perusahaan eksplorasi tambang batu bara, Pratiwi tidak lagi berpihak kepada Sadewa dan tambang batu bara terbuka. Pratiwi bersama Aliansi Ibu-Ibu Menolak Tambang Berlebih (Alibi) memilih melawan meski lawannya adalah perusahaan besar, pejabat negara, dan anaknya sendiri.

Akankah Bu Pratiwi berhasil menyelamatkan Bukit Surgawi, desa yang dulu hijau dan indah dari ketidakadilan tambang batu bara yang merusak semuanya?

***
NB:
Novel ini terinspirasi dari sebuah desa di Kalimantan Timur (nama desa disamarkan) dengan kubangan pasca tambang batu bara terbuka yang tidak ditimbun ulang sehingga memakan banyak korban jiwa dari anak-anak kecil tak berdosa.

Novel ini ditujukan kepada ibu-ibu dan perempuan hebat yang terus berjuang melawan ketamakan, kerakusan, dan keegoisan perusahaan-perusahaan besar pengeruk kekayaan alam negeri surgawi bernama Indonesia.
Tokoh Utama
P
S
N
B
P
C
S
M
T
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
0
Dibaca
454
Tentang Penulis
M Musa Al Hasyim
-
Bergabung sejak 2020-09-03
Telah diikuti oleh 49 pengguna
Sudah memublikasikan 3 karya
Menulis lebih dari 60,168 kata pada novel
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi