Ambang Senja
Chapter #6
Bab 6. Merantau ke Negeri Belanda - a
Bagikan Chapter
  • Bookmark Paragraf ini
  • 54 Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta (1902 - 1980) adalah negarawan dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia pertama.
    55. Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo (1896 - 1978) adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Ia memiliki gelar Meester in de Rechten dari Universitas Leiden Belanda pada tahun 1933.
    56. Karl Heinrich Marx (1818-883) adalah seorang filsuf, ekonom, pembuat teori politik, sosiolog, jurnalis dan sosialis revolusioner asal Jerman. Karya terkenalnya adalah pamflet tahun 1848, Manifesto Komunis, dan karya tiga volume Das Kapital.
    57. ISDV atau Indische Sociaal Democratische Vereeniging adalah organisasi politik berhaluan Marxisme-Leninisme pertama yang berdiri di Hindia Belanda. Organisasi ini didirikan di Surabaya pada 9 Mei 1914 oleh Henk Sneevliet dan tokoh sosialis lainnya. ISDV menjadi cikal bakal berdirinya Partai Komunis Indonesia pada tahun 1920.
    58. Kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik modal dengan tujuan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Dengan prinsip tersebut, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna memperoleh keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.
    59. Sosialisme adalah serangkaian sistem ekonomi dan sosial yang ditandai dengan kepemilikan sosial atas alat-alat produksi dan manajemen mandiri pekerja. Kepemilikan sosial dapat berupa kepemilikan negara, kolektif, koperasi, atau kepemilikan sosial atas ekuitas.
    Chapter Sebelumnya
    Chapter 5
    Bab 5. Kala Hati telah terpaut
    Chapter Selanjutnya
    Chapter 7
    Bab 6. Merantau ke Negeri Belanda - b